Faktual.id
Bisnis

Viral, Janda Bolong yang Dijual Seharga Rp 100 Juta

Media sosial tengah dihebohkan dengan tanaman yang diberi nama Janda Bolong. Banyak yang membagikan info di media sosial soal harganya yang mencapai Rp 100 juta.

Tanaman janda bolong memiliki nama ilmiah Monstera adansonii. Diberitakan Kompas.com, 5 September 2020, Monstera adansonii variegata ada yang terjual hingga Rp 95 juta-Rp 100 juta. Janda bolong juga dikenal dengan dengan sebutan tanaman keju Swiss.

Melansir United States Department of Agriculture Natural Resources Conservation Service, klasifikasi ilmiah tanaman ini adalah sebagai berikut:

-Kerajaan: Plantae
-Sub kingdom: Tracheobionta
-Divisi: Magnoliophyta
-Class: Lilliopsida
-Family: Araceae
-Genus Monstera Adans

Menurut Gardens By The Bay, Monstera adansonii memiliki daun dengan lubang berbentuk oval yang tidak beraturan dan daun hias yang bertepi penuh. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Monstera adansonii merupakan tanaman merambat dan cocok dijadikan tanaman teralis. Jika ditopang pada tiang, maka janda bolong akan tumbuh tinggi dengan daun semakin besar.

Jika dijadikan tanaman hias, tanaman ini biasanya tingginya sekitar 1 meter. Akan tetapi, jika di alam, tinggi janda bolong dapat mencapai 2-4 meter.

Mengutip The Spruce, Monstera adansonii memiliki kerabat yang mirip dengan jenis Monstera deliciosa. Keduanya sama-sama memiliki bentuk mencolok yakni daun yang berlubang.

Tempat hidup tanaman ini cocok dengan cahaya matahari tidak langsung, seperti tempat hidup aslinya di alam liar dan tumbuh di bawah naungan pohon. Tempat paling cocok adalah tanah berbasis gambut dalam lubang pot yang memiliki lubang drainase besar.

Gambut mampu menahan kelembapan di dalam tanah tanpa harus tergenang air. Untuk menjaganya tetap tumbuh, tempelkan jari ke dalam tanah untuk melihat seberapa basah atau kering tanah tersebut. Jika hampir kering, maka sirami dan jangan biarkan janda bolong mengering seluruhnya. Janda bolong memiliki sekitar 41 spesies yang masuk dalam genus Monstera, dan semuanya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Sumber :

Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan”  Lutvinda Bariq /MMD1

Related posts

Mendagri iniResmi Copot Plt Bupati Buton Utara Tersangka Pencabulan

Tim Kontributor

Ambisi dan investasi dibalik pulau Rinca Taman Nasional Komodo vs Jurassic park, Luhut dan Jokowi.

Tim Kontributor

Usaha warung kopi membuat ekonomi masyarakat sekitar kampus menjadi hidup

Tim Kontributor

1 comment

Agus mendrofa 27 September 2020 at 17:59

Bisa nego 80jt gak min ?

Reply

Leave a Comment