Faktual.id
Bisnis

Dampak Buruk Junk Food Untuk Kesehatan Tubuh

Junk Food adalah makanan instan atau makanan cepat saji yang kini sekarang telah berkembang pesat di persaingan perusahaan makanan di Indonesia. Makanan cepat saji dinilai sebagian masyarakat lebih efektif karena mudah ditemukan dan cepat diolah sebagai pengganti makanan rumahan. Tak hanya itu saja, makanan cepat saji juga memiliki cita rasa yang lebih lezat ditambah lagi harganya yang sangat terjangkau. Akan tetapi makanan siap saji biasanya selalu tinggi akan kandungan gula, lemak, garam, dan kalori.

 

Makanan cepat saji sudah lama dikonsumsi di negara kita karena terungkapnya beberapa dampak buruk dari makanan cepat saji tersebut. Dampak buruk itu disebabkan oleh kandungan zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam makanan instan seperti lilin yang ada pada mie instan, pewarna baju yang ada dalam makanan, dan juga biasanya beberapa restoran menggunakan minyak sayur terhidrogenasi untuk menggoreng bahan makanannya. Di dalam makanan cepat saji biasanya terkandung bahan pengawet dan penyedap yaitu seperti micin, royco, masako kaldu jamur, dan lain sebagainya.

 

Bahan penyedap rasa adalah bahan tambahan makanan yang memberikan berbagai rasa pada bahan tersebut, sehingga suatu makanan dapat bertambah rasa asam,asin,manis, dan lain sebagainya. Penyedap rasa seperti micin kini tidak asing lagi dikalangan masyarakat yang digunakan para remaja hingga dewasa saat memasak. Kebanyakan mengosumsi penyedap rasa akan menimbulkan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan tubuh seperti seseorang yang telat berpikir, lama menjawab bila diajak bicara, kerusakan sel saraf, obesitas, sakit kepala, asma dan lain sebagainya. Makanan cepat saji memang mengandung zat berbahaya seperti yang telah diungkapkan di atas.

 

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa keseringan mengkonsumsi makanan cepat saji memang tidak berdampak secara langsung ke tubuh, tetapi dampaknya bisa terlihat 5 tahun mendatag. Namun, makanan-makanan cepat saji yang dikonsumsi akan tertimbun di dalam tubuh yang kemudian hari menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker. Tak hanya kanker, penyakit berbahaya juga bisa terjadi misalnya stroke, usus buntu dan penyakit ginjal.

berdasarkan penjelasan diatas makanan cepat saji sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang bila kalian  termasuk ke dalam orang yang hobi mengkonsumsi makanan cepat saji, kurangilah hal itu dari sekarang dan mulai sayangilah tubuh serta diri kalian sendiri, karena sehat itu sangat mahal.

 

 

Penulis :Heru maiza ibrahim

 

Related posts

Para pelajar SD & SMP di Daerah Batu Bara Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Tim Kontributor

Didi Kempot The God Father Of Broken Heart

penulis

Sampah Masker dan APD Menumpuk Jadi Masalah Baru di RI

Tim Kontributor

Leave a Comment