Faktual.id
Bisnis

Pentingnya Merawat Kulit Wajah Bagi Wanita

Wajah merupakan hal yang sangat penting bagi wanita, karena wajah merupakan kesan pertama yang di lihat ketika bertemu dengan seseorang. Setiap wanita ingin tetap terlihat cantik, awet muda hingga usia lanjut dan mempunyai kulit yang sehat. Itulah kenapa perawatan wajah yang rutin wajib dilakukan secara konsisten.

Kondisi dan tampilan wajah dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pertambahan usia, lingkungan, kondisi medis tertentu dan cara merawat kulit yang anda lakukan selama ini.

Merawat kulit wajah dengan cara yang benar dapat mencegah timbulnya berbagai masalah kulit, seperti kulit terlihat kusam, berjerawat, noda hitam, keriput, garis halus dan berbagai masalah kulit lainnya. Dengan kulit wajah yang bersih, awet muda dan cerah berseri maka anda bisa tampil dengan lebih percaya diri.

Cara merawat kulit yang tepat tidak selalu harus menggunakan produk perawatan yang bermerek atau perawatan wajah di klinik kecantikan yang mahal. Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan dirumah untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit, anda bisa mencoba perawatan wajah di rumah dengan mengikuti panduan berikut :

  1. Menggunakan Produk Pembersih Muka Sesuai Dengan Jenis Kulit

Tidak semua orang memiliki jenis kulit wajah yang sama. Ada yang memiliki jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif atau bahkan kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Berbeda jenis kulit, maka berbeda pula jenis produk perawatan yang digunakan. Pilihlah produk perawatan sesuai dengan jenis kulit anda, agar hasilnya maksimal.

  1. Bersihkan Wajah Secara Rutin atau Konsisten

Salah satu cara merawat kulit wajah yaitu rutin membersihkan wajah 2 kali sehari (Pagi hari dan malam hari sebelum tidur).

  1. Bersihkan Wajah Dengan Benar

Untuk membersihkan wajah, awali dengan membasuh wajah menggunakan air hangat. Selanjutnya gunakan sabun cuci wajah dan mulailah membersihkan wajah dengan pijatan yang lembut secara memutar menggunakan ujung jari. Setelah itu bilas dengan air, dan keringkan dengan cara menepuk wajah secara perlahan menggunakan handuk wajah. Usahakan handuk wajah dengan handuk badan berbeda ya.

Jika perlu, anda juga bisa membersihkan wajah menggunakan teknik double cleansing agar lebih bersih maksimal.

  1. Gunakan Moisturizer

Moisturizer/pelembab sebaiknya digunakan setelah mencuci muka. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah. Namun, anda perlu memilih moisturizer sesuai dengan jenis kulit. Seperti jika anda memiliki kulit berminyak maka pilihlah yang berbahan dasar air atau bebas kandungan minyak. Moisturizer yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk mengembalikan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel dan jaringan kulit.

  1. Gunakan Tabir Surya/SPF

Penggunaan tabir surya sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit, kanker kulit, serta memicu munculnya bintik hitam atau flek pada wajah dan keriput. Saat menggunakan tabir surya, disarankan setiap hari menggunakan SPF 30 walaupun cuaca tidak panas. Penggunaan tabir surya perlu di aplikasikan setiap 2 jam sekali saat anda sedang beraktivitas dibawah terik matahari.

  1. Melakukan Pola Hidup Sehat

Cara merawat kulit wajah yang benar tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kelola stress, serta hindari rokok dan minuman beralkohol.

Hal yang terpenting dari cara merawat kulit wajah adalah dengan melakukannya secara rutin. Setiap perawatan membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten agar hasil yang di dapatkan lebih maksimal. Oleh karena itu jangan lupa memasukan perawatan kulit sebagai rutinitas anda sehari-hari.

Penulis : Fatima Aprilia W,  Mahasiswi STISIP WIDURI

Related posts

Persipura Bubar, Ini Jelasnya

Tim Kontributor

Ramalan Mbak You tentang 2021

Tim Kontributor

Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Banyak Warga Mengungsi

Tim Kontributor

Leave a Comment