Faktual.id
Bisnis

Peningkatan Curah Hujan Merata Di Indonesia, di Prediksi Sampai 29 Januari

Puncak hujan diprediksi terjadi pekan ini di indonesia. Prediksi tersebut dikonfirmasi oleh aktifitas pertumbuhan awan dan hujan diselatan indonesia yang diperkirakan akan semakin menguat 27-31 januari.

 

Peningkatan hujan di selatan indonesia diperkirakan terjadi secara merata dari sumatra bagian selatan sampai pulau alor dekat timor leste. Hujan harian yang secara konsisten diperkirakan akan terjadi pukul 12.00 WIB. Intensitas ataupun derasnya diperkirakan akan terus meningkat.

 

Prediksi hujan itu adalah hasil produk penelitian dan pengembangan LAPAN dari Sadewa, sebuah aplikasi sistem peringatan dini atmosfet ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer.

 

Hujan deras bahkan ekstrem berpotensi terjadi pada sebagian besar wilayah jawa bagian tengah, dengan pola dan arah pergerakan hujan yang terjadi serentak dari selatan sampai utara.

 

Selain itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mencatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 Zona Musim saat ini telah memasuki puncak musim hujan yang akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

 

 

Penulis : Andryan Prasetia, Mahasiswa STISIP Widuri.

Related posts

Viral party di kolam renang saat pandemi satgas COVID-19 Sumut buka suara

Tim Kontributor

Momen Seorang Mahasiswa Mengikuti Wisuda Online Di Tengah Hutan

Tim Kontributor

879 Warga Palmerah Terima BST senilai 300 ribu

Tim Kontributor

Leave a Comment