Faktual.id
EKONOMI

Tertekan Pandemi Virus Corona,Pihak Mall Matahari Memotong Gaji Karyawan

PT Matahari Department Store Tbk mengaku memotong gaji karyawan untuk mengurangi beban keuangan di tengah pandemi virus corona atau covid-19. Namun, perusahaan sudah mulai memulihkan pemotongan gaji karyawan.

Namun, CEO dan Wakil Presiden Direktur Matahari Terry O’Connor memastikan kebijakan itu sudah dipulihkan sejalan dengan pemulihan kinerja keuangan perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.

“Pemulihan pemotongan gaji telah dimulai sejalan dengan pemulihan kami dan direncanakan untuk pulih sepenuhnya pada kuartal IV 2020,” ucap O’Connor dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (23/10).

Ia mengungkapkan keuangan perusahaan tercatat rugi bersih Rp617 miliar pada Januari-September 2020. Rugi terjadi karena penjualan kotor hanya mencapai Rp5,9 triliun sampai September 2020.

Penjualan kotor merosot 57,6 persen dari September 2019. Begitu pula dengan pendapatan bersih yang turun 57,5 persen menjadi Rp3,3 triliun.

Atas kondisi ini, perusahaan melakukan efisiensi melalui langkah negosiasi biaya sewa dan berhasil menurunkan beban operasional mencapai 29,3 persen pada Januari-September 2020. Efisiensi juga dilakukan melalui penutupan tujuh gelar besar dan seluruh gerai khusus.

“Saat ini Matahari mengoperasikan 153 gerai di 76 kota di seluruh Indonesia dan perseroan berniat untuk mengakhiri tahun ini dengan portofolio sekitar 150 gerai format besar yang menguntungkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, O’Connor menyatakan perusahaan akan mengontrol dengan ketat kinerja keuangan perusahaan ke depan. Hal ini turut dilakukan dengan pembekuan belanja modal yang masih berlaku.

Di sisi lain, perusahaan sudah melunasi fasilitas kredit tambahan yang diperoleh pada kuartal II 2020. Sumber

” Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” M.Zainal/MMD5

Related posts

Di Era Pandemi, Menciptakan UKM Di Lingkungan Kampus, Mengapa Tidak?

penulis

Presiden Turki Erdogan, Melanjutkan Pencarian Sumber Daya Energi di Laut Hitam

Tim Kontributor

Mensiasati Mahalnya Biaya Pendidikan di Indonesia

penulis

Leave a Comment