Faktual.id
RAGAM INFO

Puasa Media Sosial Tenangkan Hati dan Pikiran

Bagi sebagian besar orang media sosial adalah hal yang sangat penting sekarang ini. Banyak manfaat yang dapat diambil, seperti halnya menjajakan barang dagangan, mempromosikan diri, tempat berkomunikasi dengan teman-teman, atau sekadar hiburan. Namun di sisi lain,  ada yang merasa kehadiran media sosial membuat kehidupan mereka tidak tenang. Sehingga ramai istilah “puasa medsos” yang muncul di masyarakat.

Bicara soal “Puasa media sosial”, yakni berhentinya seseorang mengaktifkan atau bermain akun media sosial miliknya untuk sementara waktu. Tujuannya, untuk menenangkan hati dan pikiran dari kehidupan media sosial. Hal ini beberapa kali dilakukan oleh kalangan artis, mungkin mereka merasa lelah dengan komentar warganet yang membludak di akun instagramnya. Namun tak jarang juga masyarakat biasa yang melakukan “puasa media sosial” tersebut.

Tentu dengan berbagai alasannya, seperti misalnya tentang pemberitaan Covid-19 belakangan ini yang membuat sebagian orang makin merasa takut dan membuat sistem imunenya menurun. Alasan lainnya mungkin melihat kehidupan orang lain yang selalu bahagia dan kemudian dibandingkan dengan diri sendiri.

Apapun itu, “Puasa Media Sosial” memang penting dilakukan bagi mereka yang sering mengalami gangguan akibat bermain di dunia maya tersebut. Terutama bagi ketenangan hati dan pikiran. Meskipun ada juga sebagian orang yang merasa tidak perlu melakukannya karena baginya media sosial sekadar untuk senang-senang saja.

 

Penulis: Willy Fahrezi J Tobing, Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

Efek Komunikasi Massa di Masa Pandemi

Tim Kontributor

Pasien Ini Kehilangan Indera Pendengarannya Karena Terinfeksi COVID-19

Tim Kontributor

Lionel Messi Kini Mendapatkan Klub Baru

Tim Kontributor

Leave a Comment