Faktual.id
Bisnis

Perkembangan Musik Indie di Indonesia

Indie itu bukan genre ataupun aliran musik. Indie itu berasal dari kata independent yang artinya bebas atau mandiri, yang berarti band/atau musisi indie yang berdiri sendiri, memproduksi lagu sendri, dan mempromosikannya tanpa label musik manapun. Jadi indie itu tidak bisa dikatakan sebagai genre musik. Namun untuk saat ini indie lebih dikenal sebagai gaya hidup, tidak hanya musik biasanya dikenal juga sebagai gaya atau fasion. Di indonesia sendiri ada beberapa band atau musisi indie yang banyak kita kenal, seperti Fourtwnty, Mocca, Efek rumah kaca, Hindia, Sisitipsi, dan masih banyak lagi.

Menurut Bens Leo, musisi indie bisa mempromosikan musik dengan bantuan media sosial untuk mengexpresikan karya karyanya melalui media sosial tersebut. Dan juga ada beberapa keunggulan band indie, yaitu jauh lebih menarik dibanding kalo kita masuk ke label musik, jadi band indie kebebasan satu diantaranya adalah dalam segi penampilan kita bisa tentukan sendiri, cari sponsor sendiri, dan menentukan kreativitasnya sendiri tanpa terikat dengan manajemen atau label musik. Dan itulah band indie lebih menarik dengan band-band lainnya dan menjadi kekuatan tersendiri.

Musisi indie juga busa sukses menembus pasar internasional contohnya seperti The Sigit ternyata pernah membuat album rekamanya itu di Australia dan juga pernah tour ke Amerika. Dan juga ada bebrapa pesan untuk musisi indie di indonesia yang sudah sukses menarik perhatian para pencintanya, sebagai contohnya seperti gerakan apa yang di lakukan oleh band Indonesia seperti mocca, dengan memperbanyak sosialisasi, memiliki upaya agar mereka memiliki karakter musik, jangan berhenti untuk membuat karya-karya terbaik.

Penulis : MuhamadReza, Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

Mengetahui 7 Manfaat dan Risiko Kesehatan Minum Air Dingin.

Tim Kontributor

Slipknot Bakal Guncang Panggung Hammersonic 2021 di Jakarta

Tim Kontributor

Fadil Jaidi Galang Dana untuk Banjir Kalsel dan Gempa Majene

Tim Kontributor

Leave a Comment