Faktual.id
POLITIK

PERGERAKAN MAHASISWA DEMI NKRI

“Sejarah dunia adalah sejarah orang muda, apabila angkatan muda mati rasa, maka matilah sejarah sebuah bangsa,” Pramoedya Ananta Toer

Seperti apa yang dikatakan oleh Pram –sapaan akrab Pramoedya Ananta Toer- diatas merupakan apresiasi terhadap mahasiswa. Mahasiswa sangat memiliki peran penting dalam mengubah sejarah bangsa dan dalam perjalanan demokrasi bangsa. Mahasiswa di Indonesia telah banyak membuktikan perjuangannya terhadap demokrasi bangsa ini, mereka selalu menjadi garda terdepan dalam membela kebenaran melawan ke tidak benaran dan ke tidak adilan yang dibuat oleh para pemimpin bangsa ini.

Siapa sih mahasiswa itu?

Mahasiswa adalah orang belajar diperguruan tinggi atau universitas. Mereka teerdaftar dalam perguruan tinggi atau universitas tempat mereka belajar bisa disebut mahasiswa. maha artinya adalah “ter” dan siswa artinya adalah “pelajar” jadi secara umum pengertian mahasiswa artinya orang terpelajar.

Yang dimaksud bahwa seorang mahasiswa tidak hanya mempelajari bidang yang mereka pelajari tapi juga merekaharus mengaplikasikan serta juga harus mampu berinovasi dan berkreatifitas tinggi dalam bidang tersebut. Memegang indentitas sebagai mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, melihat ekspektasi dan tanggung jawab yang dibawa oleh mahasiswa begitu besar. Mahasiswa adalah Seorang agen pembawa perubahan. Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa diberbagai belahan dunia.

Siapa yang membuat mahasiswa bisa melakukan pergerakan?

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) adalah lembaga organisasi di universitas atau perguruan tinggi. BEM mengadaptasi system pemerintahan, disini BEM sebagai badan eksekutif dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk menerapkan hukum-hukum, peraturan atau kebijakan lainnya yang berlaku pada suatu fakultas atau pun pada suatu perguruan tinggi. Sebagai wakil dari mahasiswa dari bermacam-macam jurusan, BEM harus bisa menyusun program kerja, mengkoordinasi program kerja, hingga mampu mengawasi segala macam kegiatan mahasiswa baik ektra kulikuler dan non ektra kulikuler.

Namanya organisasi, BEM ada tanggung jawab rutin yang tidak boleh sampai terabaikan yaitu membuat laporan pertanggung jawaban segala macam yang dilakukuan oleh semua mahasiswa baik dikampus maupun diluar kampus.

Berikut ini adalah fungsi BEM:

  • Sebagai badan organisasi tertinggi mahasiswa yang akan mengurus seluruh  kegiatan dan kepentingan mahasiswa di kampus.
  • Sebagai Agent of change (agen membawa perubahan) yang harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Sebagai social control (menjaga dunia sosial) dalam melihat setiap kebijakan yang baik atau buruk dalam lembaga kampus maupun dalam pemerintahan Republik Indonesia.
  • Membangun sinergitas dengan seluruh ormas di kampus.
  • Sebagai pendengar yang baik dan penyedia fasilitator dalam menerima aspirasi dari mahasiswa.

 

Kasus atau peristiwa apa saja yang melibatkan pergerakan mahasiswa?

  1. Peristiwa 1998

Pristiwa tahun 1998 menjadi kenangan buruk bagi bangsa ini, betapa tidak disana terdapat tragedi kerusuhan massal akibat krisis ekonomi yang bekepanjangan dan sekaligus tragedi yang melibatkan banyak pergerakan mahasiswa.

Kejadian 1998 akan selalu dikenang sebagai hari reformasi dengan keberanian mahasiswa dan orang-orang muda yang ingin merubah keadaan bangsa yang carut marut menjadi merdeka sepenuhnya.

  1. Omnibus law

RUU cipta kerja yang baru saja di sah kan oleh Presiden Jokowi Widodo, merupakan bukti sebelum undang-undang itu menjadi sah banyak mahasiswa yang turun ke jalan demi membela ketidak adilan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakatnya. Pada kejadian ini seluruh mahasiswa diindonesia kompak turun ke jalan menyampaikan orasi-orasinya yang isinya menolak diterbitkan nya undang-undang cipta kerja karena dirasa sangat merugikan masyarakat terutama para pekerja baik buruh, maupun perkantoran.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi Massa Dan
Media Barul. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” – Henry Surya Winata KMMB1

Related posts

Disebut Tak Percaya Tuhan Oleh Anak Amien Rais, Ini Jawaban KPU

Kontributor

Jokowi Tunjuk Luhut Binsar Panjaitan, Kebijakan Covid-19 Ganti Haluan?

Tim Kontributor

Menuju Pilpres 2024, PDIP Singgung Menteri Yang Mencuri Start

Tim Kontributor

Leave a Comment