Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Ini Dia Daftar Bawahan Jokowi Yang Cuti Kampanye Pilpres 2024

Banyak pejabat pusat dan daerah yang memilih cuti untuk ikut dalam pemilu umum (pemilu) dan legislatif (Pileg) 2024. dan banyak penjabat yang mengajukan cuti untuk ikut serta menjadi tim sukses di pilpres 2024.

Baru-baru ini, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengumumkan sebanyak delapan stafnya sedang mundur sementara atau cuti karena ikut pemilu 2024. Moeldoko mengatakan banyak stafnya yang mengambil cuti. karena mereka memilih untuk menampilkan diri sebagai calon legislatif pemilu parlemen (Caleg).

“Yang mendaftar sebagai anggota dewan, caleg, itu harus mundur dan itu sudah dilakukan. Itu ada delapan orang, dan itu warna-warni dari berbagai partai politik. Maka mereka mundur,” kata Moeldoko, Senin, 20 November 2023.

Aturan mengenai cuti karena pileg atau Pemilu tercantum dalam Undang-Undang Pemilu No 7 Tahun 2017. Dalam UU dijelaskan bahwa pejabat yang maju sebagai calon legislatif, calon presiden dan wapres hingga kandidat kepala daerah diharuskan mengambil cuti. Cuti bagi para menteri yang melaksanakan kampanye hanya diberikan satu hari kerja dalam setiap minggu di masa kampanye.

Tak hanya itu, para menteri atau kepala lembaga negara seperti gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, atau wali kota dan wakil wali kota yang menjadi tim sukses di Pilpres 2024 juga wajib cuti dari tugasnya jika ingin berkampanye. Lantas, siapa saja pejabat yang telah mengajukan cuti? Berikut daftar pejabat yang cuti Pileg.

1. Dedy Irawan

Dedy Irawan menjabat sebagai Tenaga Ahli Muda Kedeputian I di Kantor Staf Presiden. Namun ia memilih untuk cuti karena maju sebagi caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dedy Irawan diketahui daftar sebagai Caleg DPR RI Dapil Sumut 1.

2. Usep Setiawan

Tenaga Ahli Utama Kedeputian II KSP, Usep Setiawan memilih mundur sementara alias cuti dari jabatannya karena maju mencalonkan diri dalam Pileg 2024. Ia maju sebagai caleg dari partai PDIP.

3. Endah Sri Cahyani Sucipto

Selanjutnya ada Endah Sri Cahyani Sucipto yang cuti dari jabatannya di Kantor Staf Presiden. Endah menjabat sebagai Tenaga Ahli Madya Kedeputian II. Kini ia memilih mundur untuk maju dalam Pileg mewakili PDIP

4. Ali Mochtar Ngabalin

Daftar pejabat yang cuti untuk maju dalam kontestasi Pileg selanjutnya adalah Ali Mochtar Ngabalin. Dia memutuskan untuk cuti dari jabatan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP karena mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara dari Partai Golkar untuk Pemilu 2024.

5. Handoko

Di Kantor Staf Presiden, Handoko menjabat sebagai Tenaga Ahli Madya Kedeputian IV. Ia juga mengajukan cuti lantaran maju sebagai caleg dari partai Golkar.

6. Ngatoilah

Ngatoilah merupakan Tenaga Ahli Madya Kedeputian IV Kantor Staf Presiden. Ia memutuskan mundur sementara alias cuti dari jabatannya karena mencalonkan diri di Pileg dari partai PPP.

7. Asep Cuwantoro

Asep Cuwantoro masuk dalam daftar pejabat yang cuti Pileg 2024. Dia merupakan Tenaga Ahli Muda Kedeputian IV Kantor Staf Presiden yang mengajukan cuti karena menjadi Caleg dari PPP.

8. Ade Irfan Pulungan

Ade Irfan Pulungan juga termasuk daftar caleg yang cuti Pileg 2024. Pria yang menjabat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian V KSP ini mencalonkan diri menjadi caleh dari PKB.

9.  Jaleswari Pramodhawardani

Jaleswari Pramodhawardani merupakan staf Deputi V bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan, dan Hak Asasi Manusia Kantor Staf Presiden. Jaleswari terdaftar dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD. Ia akan mengajukan cuti ketika masa kampanye dimulai.

10. Raja Juli Antoni

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni pernah mengambil cuti untuk mendampingi pendaftaran pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ke KPU.  “Kan buat surat cuti kemarin. Udah lihat belum surat cuti saya?” kata Raja Juli saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

11.  Airlangga Hartanto

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dirinya akan cuti dari tugas sebagai menteri kabinet berkaitan dengan tugasnya di Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Airlangga tidak menjelaskan secara pasti kapan dan dalam momentum apa saja ia akan mengajukan cutinya. Yang jelas, saat ini Ketua Umum Golkar itu didapuk sebagai Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran.

12. Bahlil Lahadalia

Menteri Investasi’Kepala BKPM Bahlil Lahadia pernah mengambil cuti untuk mengantar pasangan capres cawapres Prabowo-Gibran mendaftar ke KPI. Meski tidak tergabung dalam TKN Prabowo dan Gibran, namun Bahlil mengatakan dirinya mengambi cuti saat mengantar kedua paslon tersebut.

13. Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga juga sempat mengajukan cuti ketika mengantar paslon Prabowo-Gibran mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres ke KPU. Izin cuti Wamen Perdagangan ini telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

14.  Afriansyah Noor

Selain Jerry Sambuaga, Presiden Jokowi turut menyetujui izin cuti Wamen Ketenagakerjaan Afriansyah Noor. Afriansyah diketahui ikut serta mendampingi pendaftaran pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ke KPU.

15.  Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD juga mengajukan pernah mengajukan cuti saat mencalonkan diri sebagai cawapres untuk mendaftar ke KPU RI sebagai calon peserta Pilpres 2024. Pemberian cuti dari Jokowi untuk Mahfud MD itu sangat diperlukan, mengingat Mahfud MD masih berstatus sebagai menteri sekaligus calon wakil presiden berpasangan dengan Ganjar Pranowo

16.  Prabowo Subianto

Prabowo Subianto pernah mengirimkan dua surat kepada Presiden Jokowi untuk mendaftarkan diri sebagai capres. Pertama mengenai persetujuan presiden untuk dicalonkan dalam pemilu 2024, sementara kedua surat permohonan cuti untuk pendaftaran sebagai capres.  Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, kedua surat tertanggal 18 Oktober 2023 dan diterima Kementerian Sekretariat tanggal 19 Oktober 2023. “Sekretariat Negara telah menerima dua surat itu,” kata Ari.

17.  Arsjad Rasjid

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid mengatakan telah mengajukan cuti sebagai Kadin dan Direktur Utama PT Indika Energy Tbk dan. Pengajuan cuti dilakukan Arsjad untuk menghindari terjadinya conflict interest selama menjabat sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo.

 

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Kenapa Ada yang Masih Kena COVID-19 Padahal Sudah Vaksinasi? Ini Kata WHO

Tim Kontributor

Jokowi Ungkapkan Arahan Tertutup Pada Rakernas PDIP.

Tim Kontributor

Apakah Ini Tanda-Tanda Yang Mengindikasikan PSI Yang Mulai “Masuk Angin?”

Tim Kontributor

Leave a Comment