Faktual.id
KOMUNIKASI Komunikasi Politik

Hari Ini Jokowi Lantik Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI

Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI hari ini (22/11/2023)

Hal itu yang disampaikan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat disahkan pada Selasa (21/11/2023).

“Rencananya besok pagi, Bapak Presiden dijadwalkan akan melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” ujar Ari lewat pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Selasa.

Menurut Ari, agenda pelantikan pada Rabu ini hanya untuk melantik Panglima TNI. Sebab, belum ada informasi agenda pelantikan pejabat lainnya.

Adapun Agus dilantik untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang segera memasuki masa pensiun.

Setelah melantik Agus, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Papua Barat dan Kalimantan Barat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menjelaskan alasan dirinya memilih Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Menurut dia, Agus memenuhi semua kriteria yang diperlukan sebagai panglima meski baru saja dilantik sebagai KSAD pada akhir Oktober lalu.

“Sudah kami sampaikan kurang lebih minggu yang lalu. Ya, pertama kan beliau juga (sebelumnya) Wakil KSAD, kemudian menjadi KSAD,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Rabu (1/11/2023), sebagaimana dilansir dari keterangan resmi.

“Jadi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, kemudian di adminstratif, akademis semuanya memenuhi (kriteria) semuanya,” ucap dia.

DPR RI kemudian mengesahkan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI.

Persetujuan terhadap Agus ini diambil dalam Rapat Paripurna DPR Ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

Jenderal Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurrahman pada 25 Oktober 2023.

Karier Agus pun cukup moncer, terutama setelah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta pada 2009-2011 atau bertepatan saat Presiden Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Agus pernah menjabat sejumlah posisi danrem, seperti Danrem 061/Surya Kencana dan Danrem 132/Tadaluko.

Selain itu, Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Pangdam Siliwangi, dan Wakil Kepala KSAD sebelum dilantik menjadi KSAD.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

 

Related posts

Bermula Dari Video Sentilan Ke Gibran, Menjadikan Ahok Diperiksa KPK?

Tim Kontributor

Akibat Baliho Caleg PSI Yang Terlalu Besar Ini, Mengakibatkan Seorang Pengendara Motor Tertimpa

Tim Kontributor

Mal Tutup Saat PPKM Darurat, Pegawainya Dirumahkan!

Tim Kontributor

Leave a Comment