Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Pasca Dipecat ChatGPT, Sam Altman Direkrut Microsoft untuk Urus Apa?

Microsoft mempekerjakan Sam Altman (mantan CEO dan pendiri OpenAI) tepat setelah dewan direksi tiba-tiba memecatnya minggu lalu. Greg Brockman, pendiri OpenAI yang dipecat beberapa saat setelah kepergian Altman, juga bergabung dengan Microsoft. Meskipun Altman telah meninggalkan OpenAI, Microsoft masih berusaha untuk tetap berhubungan dengan startup dan ChatGPT.

CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan pengakuan tersebut melalui akun X miliknya. Nadella menyatakan dukungannya kepada Emmet Shear, mantan CEO Twitch di bawah Amazon, yang kini menjadi CEO baru OpenAI.

“Kami sangat senang mengumumkan kabar bahwa Sam Altman dan Greg Brockman, bersama dengan beberapa rekan, akan bergabung untuk memimpin tim riset AI yang baru di Microsoft. Kami tak sabar untuk secepatnya menyediakan berbagai keperluan untuk menunjang kesuksesan mereka,” kata Nadella seperti dikutip The Verge.

Nadella tidak merinci jabatan Altman dan Brockman di Microsoft tetapi keduanya akan memimpin tim pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) di perusahaan. Dewan direksi OpenAI mempertahankan keputusannya untuk memecat Altman, mengklaim kehilangan kepercayaan terhadap kemampuannya memimpin OpenAI.

Kerja Tak Becus

OpenAI resmi memecat pendiri dan CEO Sam Altman dan menggantikannya dengan Chief Technology Officer (CTO) OpenAI Mira Murati untuk sementara waktu.

Melalui postingan blog, OpenAI menyatakan niatnya untuk mencari pengganti permanen untuk Altman. Alasan pemecatan tersebut disampaikan sebagai hasil peninjauan oleh dewan direksi, yang menyimpulkan bahwa Altman tidak becus dalam berkomunikasi dengan mereka, menghambat pelaksanaan tanggung jawabnya, dan kepercayaan dewan direksi terhadap kemampuannya untuk memimpin OpenAI mulai melemah.

“Kepergian Altman dilakukan setelah proses peninjauan oleh dewan direksi, yang menyimpulkan kalau ia tidak konsisten dalam berkomunikasi dengan dewan direksi, sehingga menghambat kemampuan dalam melakukan tanggung jawabnya. Dewan direksi tak yakin Altman mampu melanjutkan dan memimpin OpenAI,” tulisnya dalam blog resmi perusahaan.

Greg Brockman, salah satu pendiri dan presiden OpenAI, juga dikabarkan mengundurkan diri dari posisi chairman dewan direksi. Altman, yang sebelumnya terlibat dalam penggalangan dana untuk fokus pada ‘hard tech,’ menyatakan rasa suka cita selama bekerja di OpenAI dan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang alasan pemecatannya.

“Saya menyukai selama saya bekerja di OpenAI. Ini transformatif untuk saya pribadi, dan harapannya bisa sedikit mengubah dunia. Namun yang saya paling suka adalah bekerja dengan orang-orang bertalenta,” tulis Altman di akun X-nya seperti dikutip The Verge.

Meskipun pemecatan Altman terjadi secara mendadak, Microsoft, yang telah berinvestasi besar di OpenAI, menyatakan komitmen untuk terus bekerja sama dengan OpenAI di bawah kepemimpinan Mira dan timnya.

“Kami punya kerja sama panjang dengan OpenAI dan Microsoft akan berkomitmen pada Mira dan timnya seiring dengan kami membawa era baru AI ini ke konsumen kami,” tulis Microsoft dalam pernyataannya.

Kabar pemecatan Altman ini sangat mendadak dan menjadi menarik karena ia selama ini adalah wajah OpenAI, terutama sejak OpenAI membuat perkembangan AI menjadi sangat menarik sejak mereka merilis ChatGPT tahun 2022 lalu.

Altman juga baru membuka konferensi DevDay pertama OpenAI, dimana mereka mengumumkan sejumlah pembaruan besar untuk bisa bersaing dengan perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Google.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Heboh ‘Ratu Batu Bara’

Tim Kontributor

Bobby Nasution Sebut Begal Ditembak mati, Tuai Pro Dan Kontra Dari Warganet.

Tim Kontributor

Stres Saat “Di Rumah Aja”Berikut 5 Hal Pemicunya

Tim Kontributor

Leave a Comment