Faktual.id
Bisnis

Norovirus Penyakit Menular yang Menjadi Ancaman di Indonesia

FAKTUAL.ID, JakartaNorovirus atau bisa disebut flu perut. Namun, penyakit Norovirus tidak terkait dengan flu yang disebabkan oleh virus influenza biasa. Ini hanya penyebutan karena gangguan yang disebabkan Norovirus pada bagian pencernaan bisa sangat menyiksa dari diare biasa.

Manusia bisa terkena infeksi Norovirus saat mereka mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Virus ini bisa tersebar melalui jarak dekat, seperti di tempat makan, pusat penitipan anak, dan panti jompo, karena virus ini kuat dan sangat menular. Mereka dapat bertahan hidup pada suhu ekstrim di air dan di permukaan.

Jika manusai  terinfeksi dari makanan/minuman yang terkontaminasi, virus dapat dengan cepat menular dari orang ke orang melalui makanan atau peralatan bersama, atau sentuhan dari kulit ke kulit, seperti berjabat tangan, atau melalui kontak dekat lainnya.

Lalu ketika orang dengan Norovirus muntah, maka ia dapat menyebar melalui udara dan mencemari permukaan benda sekitarnya. Virus juga menyebar melalui feses, artinya seseorang yang tidak mencuci tangan secara menyeluruh setelah menggunakan kamar mandi dapat menularkannya. Popok kotor juga bisa menjadi sumber Norovirus. Sumber:

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” I Willy Fahrezi J Tobing /MMD4.

Related posts

Self Awareness Masyarakat Di Masa Pandemi

Tim Kontributor

Lawan Insecure Jadi Bersyukur!

Tim Kontributor

APAKAH MASYARAKAT YANG TERDAMPAK BANJIR BERESIKO TERTULAR VIRUS COVID-19?

Tim Kontributor

Leave a Comment