Faktual.id
Kesehatan

Mengetahui 7 Manfaat dan Risiko Kesehatan Minum Air Dingin.

Disaat siang hari, di kala matahari sedang terik, minum air dingin adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menghilangkan dahaga. Terkadang, kita sampai tidak sadar telah menghabiskan air dingin sebotol penuh.

Dibandingkan dengan minuman manis dalam botol kemasan, tentu air jauh lebih menyehatkan. Kita pun dianjurkan untuk meminum air minimal 2 liter per hari.

Lalu, apa efek dari air dingin ini bagi tubuh kita?Apakah benar jika air dingin kurang baik untuk kesehatan? Mari temukan jawabannya disini!

  1. Memiliki efek buruk pada sistem pencernaan

Air dingin memang lah terasa segar di tenggorokan kita. Tapi ternyata, air dingin bisa mempersempit pembuluh darah. Selain itu, air dingin juga menghambat proses alami tubuh dalam menyerap nutrisi.

Penjelasannya, tubuh perlu mengeluarkan energi ekstra untuk mengatur suhu tubuh saat kamu mengonsumsi minuman yang memiliki suhu rendah. Akibatnya, energi yang seharusnya digunakan untuk menyerap nutrisi akan terhambat. Tak heran, kadang-kadang perut akan terasa tidak nyaman setelah mengonsumsi air dingin.

 

  1. Menurunkan detak jantung

Berdasarkan penelitian, air dingin tidak hanya menurunkan detak jantung, tetapi juga merangsang saraf vagus. Saraf vagus ini berfungsi untuk mengontrol fungsi tubuh dan dan merupakan bagian integral dari sistem saraf.

Di sisi lain, detak jantung yang lambat justru lebih baik karena membuat jantung berfungsi lebih efisien dan memiliki kebugaran kardiovaskular yang lebih baik, ujar laman Mayo Clinic.

 

  1. Tubuh lebih sulit untuk mencerna lemak

Rasio lemak yang ideal untuk perempuan, 21-24 % dimiliki oleh orang yang bugar. Tetapi, rasio lemak 25-31%  masih bisa diterima. Namun, jika rasio lemak di atas 32 persen, maka sudah dianggap sebagai obesitas.

Sedangkan, rasio lemak laki-laki justru lebih rendah. Rasio lemak 14-17%  dimiliki oleh orang yang bugar dan rasio lemak 18-24% masih bisa diterima. Laki-laki dikatakan obesitas jika memiliki rasio lemak di atas 25%.

 

  1. Pemicu sembelit

Saat kita meminum air dingin, makanan akan mengeras dan kesulitan melewati usus. Untuk mengatasinya, disarankan agar meminum air hangat untuk membuat kotoran menjadi lebih lunak. Meminum air hangat dinilai lebih efektif untuk mengatasi sembelit daripada air dingin.

 

  1. Tidak disarankan diminum seusai berolahraga

Jika kita memilih untuk meminum air dingin, akan terjadi ketidaksesuaian suhu yang berdampak pada kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, tubuh juga akan kesulitan menyerap air dingin, mengejutkan perut dan menyebabkan sakit perut kronis.Jadi kalau bisa, hindari air dingin seusai olahraga, ya!

 

  1. Tidak baik untuk gigi yang sensitif

Gigi sensitif  biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya seperti, menggosok gigi terlalu keras, terkikis asam dari kopi dan terlalu sering memakai produk pemutihan gigi. Penyebab lainnya ialah adanya lubang di gigi yang membuatnya lebih rentan pada suhu yang terlalu dingin atau panas.

 

Cara untuk mengatasinya ialah, hindari makanan dan minuman yang memiliki suhu terlalu panas dan dingin. Diataranya seperti, es krim, es batu atau air dingin. Disarankan untuk menjilat es krim dan tidak menggigitnya. Lalu selain itu, gunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan pasta gigi khusus untuk mengurangi sensitivitas gigi.

 

  1. Menambah performa saat berolahraga

Seperti yang tertulis pada poin sebelumnya, meminum air dingin tidak disarankan seusai melakukan aktivitas berolahraga. Namun, meminum air dingin selama latihan fisik bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh, Misalnya, pada studi di tahun 2012 yang melibatkan 45 laki-laki yang bugar secara fisik.

Mereka meminum air dingin saat sedang melakukan aktivitas olahraga dan bisa mengurangi kenaikan suhu tubuh inti dibanding mereka yang minum dengan air yang memiliki suhu ruangan. Mereka pun bisa mencapai performa terbaiknya.

Demikianlah 7 hal yang terjadi pada tubuh setelah meminum air dingin, baik dari sisi positif dan sisi negatifnya, Semoga hal-hal ini bisa memperkaya wawasan. Sumber

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” Helmilia Putri Adelita/MMD5

Related posts

Cek Kepesertaanmu di BPJS Kesehatan. Siap-Siap Untuk Registrasi Ulang Mulai 1 November 2020

Tim Kontributor

Jangan Sembarangan Memberi Madu Pada Bayi

Tim Kontributor

Efek COVID-19 Perekonomian Negara semakin sulit namun system pembayaran Kampus Widuri lebih efektif.

Tim Kontributor

Leave a Comment