Faktual.id
Bisnis

Tipe-tipe Unik Mahasiswa Kampus

Mahasiswa sendiri merupakan sebuah sebutan bagi individu-individu yang menempuh jenjang Pendidikan lebih lanjut yaitu pada Perguruan Tinggi / Universitas. Lain halnya dengan Siswa sebagai sebutan bagi individu yang sedang menempuh Pendidikan wajib 12 Tahun yaitu pada jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebagian besar orang yang perlu akan adanya Pendidikan pastinya pernah merasakan bagaimana posisi sebagai Siswa ataupun Mahasiswa. Terdiri dari individu yang berbeda-beda tentunya memiliki kepribadian ataupun tipe masing-masing. Berikut ini akan kita bahas sedikit keunikan ataupun tipe-tipe seorang Mahasiswa di Kampus :

  1. Mahasiswa Kupu-kupu (Kuliah-Pulang)

Untuk mendengar kata tersebut pastinya sudah sangat familiar di telinga kita. Biasanya, julukan itu dilontarkan untuk seorang Mahasiswa yang hanya visit ke Kampus saat ada keperluan perkuliahan saja, jika dinilai tidak memiliki kepentingan lainnya di Kampus tentunya mereka lebih memilih untuk pulang.

  1. Anak Nongkrong

Untuk tipe yang satu ini bisa jadi lawan kata dari Mahasiswa Kupu-kupu tadi. Karena untuk tipe Mahasiswa ini pastinya lebih mengutamakan nongkrong di kantin ketimbang mengikuti kuliah di Kelas. Terlebih lagi, tujuan mereka untuk datang ke Kampus setelah kuliah itu wajib untuk nongkrong!

  1. Tipe Mahasiswa Yang Berkaitan Dengan Absensi :

Absen? Sebagai Mahasiswa Absen merupakan hal yang terpenting karena merupakan salah satu persyaratan untuk dapat mengikuti Ujian. Untuk saat ini sendiri system absensi yang dilakukan di tiap Kampus berbeda-beda mulai dari pencatatan absen yang masih manual yaitu menggunakan daftar hadir dan tanda tangan, tapping menggunakan kartu Mahasiswa, ataupun tapping menggunakan sidik jari. Untuk persyaratan di tiap-tiap kampus untuk dinyatakan Hadir di dalam suatu pertemuan perkuliahan juga berbeda-beda. Bagaimana tipe Mahasiswa jika dilihat dari sisi absensinya? Berikut tipe uniknya :

  • Bablas Habis Toleransi Absen

Biasanya di dalam satu Matakuliah, kita diberikan toleransi absensi sebanyak 3 ataupun lebih. Tipe Mahasiswa ini biasanya akan menggunakan toleransi absensi tersebut sampai habis, karena menurut mereka toleransi absensi tersebut merupakan hak yang diberikan kepada Mahasiswa.

  • Cek Status Absensi di Akhir Kuliah

Untuk tipe ini juga sangat sering kita temui, Sebagian Mahasiswa mungkin merasa telah mengikuti perkuliahan dengan baik dan benar. Tetapi untuk system absensi tapping, mungkin saja terdapat kekeliruan system yang mengakibatkan kehadiran tidak tercatat. Untuk tipe Mahasiswa ini biasanya malas untuk mengecek secara rutin status kehadirannya dan memilih untuk mengecek status kehadirannya pada akhir perkuliahan. Alhasil jika tidak sesuai, maka mereka akan melakukan protes ataupun melapor ke bagian Akademik Kampus.

 

Dari sekian tipe Mahasiswa diatas, apakah para pembaca sekalian merasa sangat cocok dan merasa flashback masa-masa kuliah itu..?

 

Penulis : Nabilla Putri Mahasiswa STISIP Widuri

Related posts

Jakarta Kembali PSBB , Hotel dan Restoran Terancam Lakukan PHK Lagi

Tim Kontributor

Telkomsel atau Smartfren yang Gelar 5G Duluan?

Tim Kontributor

Tidak hanya jadi influencer Fadil Jaidi juga bisnis Street Boba

Tim Kontributor

Leave a Comment