Faktual.id
KOMUNIKASI Mahasiswa Pendaftaran ampus Pendidikan pendidikan RAGAM INFO Universitas

Memilih Kampus atau Universitas Yang Baik dan Sesuai

Biasanya para Siswa maupun Siswi yang sedang berada dalam tahap Sekolah Menengah Pertama (SMA) sudah mulai memikirkan ke jenjang mana mereka selanjutnya, ataupun Universitas mana yang akan dipilih sebagai tempat menuntu ilmu pada jenjang Perguruan Tinggi. Hal tersebut pastinya terlintas dalam pikiran kita dan merupakan sesuatu yang sangat membuat kita bimbang. Bagi Sebagian Siswa/Siswi berprestasi yang telah lolos dalam seleksi Peruruan Tinggi Negeri (PTN) tentunya sudah tidak perlu pusing memikirkan Kampus atau Universitas mana yang akan mereka pilih. Tetapi bagi Sebagian Siswa/I yang belum mendapatkan Kampus atau Universitas mungkin dapat mempertimbangkan Kampus pilihannya dengan beberapa hal berikut :

 

  1. Akreditasi Kampus dan Akreditasi Program Studi Yang Akan Dipilih

Hal ini perlu diperhatikan, karena akreditasi Kampus dan Program Studi yang akan dipilih menentukan system dan pembelajaran yang akan ditempuh nantinya. Mungkin cara awal dapat membuat sebuah list Kampus yang ingin dituju nantinya.

  1. Lokasi Kampus dan Akomodasi

Dalam menentukan Kampus yang akan dipilih, dari segi lokasi dan akomodasi harus diperhatikan dan diperkirakan. Karena jarak tempuh yang akan dilalui pun akan berbeda-beda sesuai dengan daerah dan lokasi rumah kita sendiri. Terlebih lagi di Jakarta yang dikenal dengan kemacetannya. Dengan memperkirakan estimasi waktu dan jarak antara rumah kita dan lokasi Kampus apakah memungkinkan untuk kita dapat mengikuti kegiatan perkuliahan? Apakah lokasi tersebut sesuai dan tidak akan mempengaruhi prestasi maupun presentase kita dalam perkuliahan nantinya? Untuk akomodasi pun harus diperhatikan, karena kemudahan jalur transportasi maupun akomodasi juga suatu hal yang dapat mempengaruhi kegiatan perkuliahan kita. Hal tersebut harus dipertimbangkan dengan baik.

  1. Biaya Kuliah

Saat ini sudah banyak Kampus ternama yang memiliki akreditasi yang baik. Tetapi kebanyakan Kampus ternama memiliki biaya yang cukup besar. Bagi Sebagian orang yang memiliki pendapatan menengah ke atas mungkin akan dengan mudah memilih Kampus tujuan mereka. Tetapi bagi seorang yang memiliki perekonomian menengah kebawah, biaya kuliah merupakan hal yang sangat di perhatikan karena harus dibayarkan dalam jangka yang cukup panjang.

Perlu adanya pertimbangan yang seimbang dari ke-3 hal diatas untuk memperlancar kegiatan perkulaiahn yang akan kita jalani nantinya. Jika salah satu hal terlewat, maka kemungkinan akan berdampak pada kemudian hari.

Perlu diingat bahwa Pendidikan yang tinggi akan membawa kesuksesan di masa yang akan dating kelak!

 

Penulis : Nabilla Putri Mahasiswa STISIP Widuri

Related posts

Curiga Ada Grup WhatsApp Liga Inggris Tanpa Liverpool

Tim Kontributor

MPR Minta Daerah Banyuwangi hingga Trenggalek Waspada Tsunami 20M

Tim Kontributor

CARA MERAWAT SEPATU HIKING

Tim Kontributor

Leave a Comment