Faktual.id
Bisnis

DOSEN DAN KULIAH ONLINE

Saya mendapatkan kesempatan untuk menghubungi Retor A.W Kaligis yang merupakan salah satu dosen STISIP Widuri dengan keperluan untuk mewawancarai beliau terkait kondisi terkini dengan hubungannya pada perkuliahan yang masih terus berjalan pada masa pandemi ini.

Dimulai dari 26 April 2020 Kampus STISIP WIDURI memberlakukan kelas online bagi para dosen dan mahasiswanya. Pada jurusan Ilmu Komunikasi lebih tepatnya memandang kelas online ini sebagai tantangan baru untuk melakukan kegiatan perkuliahan.

Salah satu dosen di STISIP Widuri pada Jurusan Ilmu komunikasi yaitu Retor A W Kaligis sebagai menyatakan bahwa “tantangan yang yang saya terima dari kelas online ini adalah saya harus mencari dan mengulik platform platform lain yang compatible dengan gaya mengajar saya dan mahasiswapun bisa ikut berperan dalam komunikasi ini”.

Oleh sebab itu penting untuk para dosen melihat tingkat keaktifan dan peranan mahasiswa dalam proses perkuliahan secara online dari banyak platform media online yang bisa digunakan untuk metode perkuliahan online. “ Bukan semata mata dosen yang memberi arahan dan materi tetapi peran mahasiswa harus terlihat agar kesan komunikasi bukan satu arah dan mahasiswa paham dengan materi yang sedang terimanya” ucapnya.

Menurut Retor A W Kaligis pendekatan yang dilakukan untuk melihat perkembangan perkuliahan mahasiswanya adalah “dengan mempertahankan poin keterlibatan mahasiswa untuk aktif dalam perkuliahan serta pemberian tugas yang sewajarnya agar tidak memberatkan mahasiswa”.

Sebagaimana dikatakan salah seorang dosen Ilmu Komunikasi STISIP WIDURI menyatakan bahwa nilai keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan online itu sangat penting karena bisa menjadi tolak ukur perkembangan mahasiswa selama masa pandemi ini.

Ananda Agusta, Mahasiswa Stisip Widuri

Related posts

Mungkin tahun ini akan diadakan wacana ospek secara online mengingat dimasa pandemi COVID-19 ini diberbagai kampus termasuk stisip Widuri

penulis

Berada di Kawasan Rawan Bencana Merapi, 241 Warga Boyolali Mengungsi

Tim Kontributor

Alasan Mengapa Kamu Harus dengarkan Green Day!

Tim Kontributor

Leave a Comment