Faktual.id
Politik Luar Negeri

Waspada Invasi Cina, Amerika Minta Taiwan Bentengi Diri

Jakarta – Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat, Robert O’Brien, mengatakan pemerintah Taiwan sangat perlu membentengi negaranya dalam menghadapi kemungkinan invasi di masa depan.

Taiwan pun perlu mengantisipasi kemungkinan mengalami isolasi lewat cara nonmiliter seperti embargo.

“Saya kira Taiwan perlu mengkaji sejumlah strategi perlawanan terkait akses area,” kata Robert O’Brien kepada forum diskusi online Aspen Institute pada Jumat, 16 Oktober 2020 waktu setempat.

O’Brien menambahkan,”Taiwan harus membentengi dirinya sendiri sehingga akan mencegah Cina melakukan invasi amfibi atau melakukan operasi zona abu-abu terhadap mereka.

O’Brien pun menyebutkan operasi zona abu-abu sebagai operasi mengisolasi Taiwan secara tindakan ekonomi atau semacam embargo ekonomi.

Ketegangan yang semakin meningkat terkait Taiwan ini membuat sejumlah analis berspekulasi Cina bisa mencoba mengambil keuntungan dari hasil pemilu AS jika terjadi kisruh.

Cina telah bersumpah nantinya akan menyatukan kembali pulau itu dengan daratan meski harus menggunakan kekuatan militer mereka.

Menurut O’Brien, Cina kemungkinan tidak bersiap melakukan invasi secara pendaratan pasukan amfibi. Menurut dia, ini operasi yang sulit dilakukan Cina saat ini selain AS akan bertindak. “Jika kita terlibat maka itu akan menjadi sangat berbahaya bagi Cina,” kata dia.

Sumber

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” Rian Wahyudi Putra Nteseo/MMD4

 

Related posts

Pangeran Harry-Meghan Dicap Memalukan Usai Mengomentari Pilpres Amerika Serikat

Tim Kontributor

AS Bersiap Gunakan Militer untuk Gulingkan Rezim Venezuela

penulis

Menko Maritim: Ekonomi Kita Tidak Berkiblat Ke AS Ataupun China

penulis

Leave a Comment