Faktual.id
POLITIK Politik Dalam Negri

Amien Usul Cawapres Untuk Anies, Begini respon Nasdem Dan PKS

Politikus senior Amien Rais menyarankan Anies Baswedan memilih calon wakil presiden (Cawapres) dari tokoh Indonesia Timur. NasDem dan PKS menghargai usulan tersebut.
Pimpinan DPP NasDem Willy Aditya mengucapkan terima kasih kepada Amien Rais. Namun, Tim 8 yang membantu Anies buat memastikan cawapres bakal mengkaji sebagian dari  tokoh yang potensial.

“Terima kasih Pak Amien, tentu sebagai referensi yang kami jadikan masukan, kami dari Tim 8 masih berproses buat  melaksanakan kajian kualitatif ke sebagian tokoh untuk dialog lebih  mendalam,” kata Willy kala dihubungi, Sabtu, (29/4/2023).

Salah satu anggota Tim 8 Menyebut pihaknya senantiasa menampung aspirasi.

“Tim 8 lebih banyak mencermati masukan jadi kami belum terpatok pada nama-nama,” katanya.
Sementara itu, Pimpinan DPP PKS Mardani Ali Sera menyampaikan Indonesia Timur merupakan masa depan Indonesia.

“Masukan mesti dihargai. Indonesia Timur merupakan masa depan Indonesia dengan segala potensi dan kekokohannya,” kata Mardani, dihubungi terpisah.

Akan tetapi, pemilihan cawapres oleh partai koalisi; Nasdem, PKS, Partai Demokrat butuh diperbincangkan secara serius.

“Tetapi, memang cawapres pada periode awal sangat menentukan. Karena itu, kita lakukan pembicaraan dengan saksama,” katanya.

Mardani menyatakan terdapat dua ketentuan sebagai cawapres. Soal perolehan suara dikala pemilu dan dapat bekerja sama dengan Anies serta partai pengusung.

“Syaratnya tetap dua; kuantitatifnya menaikkan perolehan suara, sedangkan kualitatifnya dapat bekerja sama bersama Mas Anies serta semua partai pendukung,” ucapnya.
Usul dari Amien Rais

Pimpinan Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais memberi masukan kriteria cawapres yang cocok buat mendampingi Anies.
Amien berkata, Anies wajib melihat lumbung suara. Baginya, Anies memiliki basis massa di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera, dan Jawa Tengah.
“Jawa Timur ini mungkin bisa dapat, tapi itu bukan prioritas,” kata Amien ditemui wartawan di kompleks Yayasan Budi Mulia Dua, Sleman, DIY, dilansir detikJateng, Sabtu (29/4/2023).

setelah itu,  mengenai sosok cawapres, bagi Amien bisa diseleksi dari Indonesia timur. perihal tersebut, seperti saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK).
“Oleh sebab itu, wakilnya menurut perhitungan nasional, tokoh yang datang dari Indonesia timur, ini menirukan apa yang terjadi pada zaman Pak SBY,” bebernya.

Disarikan Oleh JMKP

Sumber

Related posts

Inilah Kemungkinan Jika Anies gagal Jadi Capres.

Tim Kontributor

Rano Membayangi Airin Dalam Survey Cagub Banten

Tim Kontributor

PSI Resmi Batal Dukung Ganjar Sebagai Capres

Tim Kontributor

Leave a Comment