Faktual.id
Bisnis EKONOMI Sosial

Usaha yang menghidupkan warga sekitar kampus

Kebutuhan mahasiswa yang tengah menempuh studi di sebuah universitas atau institut tertentu tentulah banyak. Kebutuhan akan tempat tinggal (kos/kontrakan), kebutuhan untuk makan, kebutuhan untuk cuci baju (laundry), kebutuhan untuk membeli beberapa barang kebutuhan sehari-hari, kebutuhan untuk print dokumen, kebutuhan photocopy, dan masih banyak kebutuhan-kebutuhan yang lain. Kampus, disadari atau tidak telah memberikan penghidupan yang baik bagi masyarakat yang tinggal tidak jauh dari lokasi kampus berada. Karena di kampus dan area sekitarnya banyak sekali mahasiswa dan mahasiswi yang berlalu lalang menjalankan aktivitasnya, yang artinya bahwa peluang menawarkan barang atau jasa tertentu akan lebih besar potensi untuk diminati.

 

Hampir bisa dipastikan bahwa lingkungan sekitar kampus akan banyak dijumpai orang-orang yang menjajakan barang dagangannya. Ekonomi masyarakat sekitar kampus menjadi hidup dengan keberadaan potensi pasar yang cukup besar, yaitu para mahasiswa. Selera, kebutuhan, dan keinginan mahasiswa yang jumlahnya bisa mencapai ribuan tersebut tentu adalah pangsa pasar yang amat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sehingga tidak mengherankan kalau begitu banyak usaha berjenis sama yang bermunculan di daerah sekitar kampus. Ambil contoh photo copy. Berapa banyak sih penawaran jasa photo copy yang terdapat di lingkungan sekitar kampus? Mungkin jari kita tidak cukup untuk menghitungnya. Meskipun banyak usaha sejenis yang muncul di sekitar lingkungan kampus, jarang sekali kita jumpai diantaranya yang sepi pengunjung.

 

Beberapa waktu bermunculan warung kopi (warkop) baru, sedangkan warkop yang lama masih eksis. Saya belum menjumpai bahwa keberadaan warkop lama akan ditinggal para pengunjungnya dan beralih ke warkop baru. Begitupun dengan warkop baru, tidak serta merta sepi pengunjung karena baru dikenal. Kondisi serupa mungkin tidak akan jauh berbeda apabila dibandingkan dengan jenis-jenis usaha lain yang beroperasi di sekitar lingkungan kampus, namun dengan satu catatan bahwa harga yang ditawarkan relatif terjangkau oleh mahasiswa. Istilah katanya harga mahasiswa.

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi Massa Dan

Media Barul. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”

Related posts

3 Penghasil Migas Terbesar pada Kuartal I 2019

Kontributor

KEMBALINYA DEMOSTRAN MAHASISWA TOLAK OMNIBUSLAW

Tim Kontributor

Pengaruh Pandemik Covid-19 Berimbas Pada Finansial Mahasiswa

Tim Kontributor

Leave a Comment