Faktual.id
RAGAM INFO

Sumba Barat Diguncang Gempa

Kupang. Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin, 5 Oktober 2020, namun tidak berpotensi tsunami, kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Waingapu Sumba Timur Arief Tyastama.

Hasil analisa BMKG menunjukkan, episenter gempa bumi yang terjadi pukul 10.07 WIB terletak pada koordinat 9,81 Lintang Selatan dan 119,41 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km arah selatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, pada kedalaman 65 km.

Dia mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi kerak benua dasar laut.

Mengenai dampak, menurut dia, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah di Waibakul IV MMI. Selain dirasakan di Tambolaka, Waitabula, Waingapu III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), wilayah Dompu II MMI. Sumber

“ Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Bagus Sutiono /MMD2

 

Related posts

Said Aqil Minta Sejumlah Poin Permendikbud PPKS Direvisi

Tim Kontributor

Ini Dia 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2024 Menurut 3 Lembaga Pemeringkat Pendidikan Dunia

Tim Kontributor

Vaksin Jenis Sinovac Sudah Mulai Menipis, Dan Warga Akan Pakai Vaksin AstraZeneca-Pfizer

Tim Kontributor

Leave a Comment