Faktual.id
Bisnis

Sampah Masker dan APD Menumpuk Jadi Masalah Baru di RI

Kamis, 10 Des 2020 15.20 WIB

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa membeberkan masalah baru yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19. Persoalannya menyangkut masalah lingkungan, di mana sampah-sampah medis meningkat.

Dia membeberkan bahwa sampah masker hingga alat pelindung diri (APD) meningkat di tengah merebaknya virus Corona. Menurutnya hal itu perlu jadi perhatian.

“Pandemi COVID-19 ini, ada tantangan baru dengan adanya peningkatan sampah medis maupun non medis seperti masker, APD bekas, dan alat-alat medis lainnya. Ini perlu jadi perhatian kita,” kata diadalam webinar yang diselenggarakan Indef, Rabu (9/12/2020)

Menurutnya sampah-sampah tersebut harus dikelola dengan memberi perhatian pada aspek lingkungan agar tidak menyebabkan dampak buruk.

“Unit pengolahan limbah khusus terutama limbah RS yang menangani pasien perlu diperhatikan dan dipastikan beroperasi agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan,” paparnya.

Di sisi yang lain, merebaknya COVID-19 disebutnya menyadarkan Indonesia mengenai sistem kesehatan yang masih rentan terhadap guncangan pandemi. Oleh karenanya pemerintah meningkatkan fasilitas kesehatan.”Antara lain memperbanyak RS rujukan tersebar di seluruh Indonesia, memenuhi kebutuhan atau kapasitas laboratorium untuk melakukan upaya mendeteksi masyarakat yang memiliki risiko besar terhadap penularan COVID, dan meningkatkan penanganan pasien, dan terus memberikan dukungan distribusi APD dan alat kesehatan bagi tenaga medis,” tambahnya

 

 

Penulis : M.ZAINAL MAHASISWA STISIP WIDURI

Related posts

Ada Dengan Aplikasi Media Internet

Tim Kontributor

Tips Unik untuk Menjaga Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tim Kontributor

ANDA INGIN KULIAH TAPI TIDAK INGIN MENINGGALKAN PEKERJAAN ANDA?

penulis

Leave a Comment