Faktual.id
Bisnis

RUGI KALAU MAHASISWA HANYA BELAJAR DENGAN DOSEN

Mahasiswa adalah sebutan orang orang yang sedang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Ketika sudah menjadi mahasiswa seharusnya mampu berfikir lebih maju. Dalam lingkungan kampus yakni mahasiswa yang notabennya sebagai pembelajar, seharusnya tidak melulu belajar menjadi pendengar saja. Rugilah kalau mahasiswa hanya belajar dengan dosen saja.

Menjadi mahasiswa tidak melulu dengan urusan perkuliahan. Mengejar IP tinggi kemudian berencana untuk wisuda secepatnya. Atau berpikir masuk kuliah, terus pulang.

Jika kamu menjadi salah satunya, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini secara keseluruhan, kamu menjadi termotivasi dan tersadarkan bahwa betapa banyak kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan seorang mahasiswa. Ternyata menjalani masa – masa mahasiswa merupakan hal yang paling menyenangkan dan luar biasa. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan kesempatan menjadi mahasiswa ini.

Berikut ini akan kami ulas kegiatan – kegiatan yang dilakukan yang menunjukkan kamu sebagai mahasiswa kreatif.

  1. Mengikuti Organisasi

Keahlian dan keterampilan sangat penting karena sangat dibutuhkan untuk siap ke dunia pekerjaan nantinya. Maka untuk membentuk keahlian dan keterampilan di organisasilah tempatnya. Maka ikutlah organisasi yang berkaitan dengan bidang kuliahmu. Namun, kamu harus tetap mengingat bahwa tujuan utamamu adalah kuliah, jadi jangan sampai mengabaikan kuliah.

  1. Mengikuti Pelatihan

Salah satu pengalaman yang sangat berharga ialah pelatihan. Apalagi, teruntuk bagi mahasiswa, pelatihan menjadi modal berharga dalam meningkatkan kapabilitas serta kompetensinya untuk dilepas di dunia kerja yang kompetitif. Pelatihan dapat didapat dari beragam cara, mulai dari yang kita dapat di sekitar/lingkungan, alam, maupun kegiatan yang berbau organisasi dan akademis.Tentu kegiatan ini membawa manfaat yang cukup besar bagi mahasiswa.

  1. Melakukan Penelitian

Penelitian merupakan aspek yang sangat penting dilakukan oleh setiap mahasiswa. Cobalah untuk melakukan penelitian, penelitian akan terasa mengasyikkan karena kamu bisa menciptakan sesuatu yang belum pernah ada. Selain itu, karya kamu bisa dipatenkan ke jurnal nasional dan internasional. Tentunya banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, seperti penghargaan, biaya pembinaan dan lain sebagainya. Jika kamu berminat untuk melakukan penelitian, cobalah berkonsultasi dengan pihak kampus karena biasanya kamu akan mendapat dana untuk penelitian.

  1. Mengikut Kompetisi

Jika kamu memiliki keahlian dan keterampilan, maka cobalah untuk mengikuti beragam kompetisi, terutama yang sesuai keahlian, minat dan bakat kamu. Misalnya lomba fotografi, blog, desain grafis, penelitian, debat dan lain sebagainya. Mulailah mengikuti lomba dari tingkat kampus, regional, hingga nasional dan internasional. Jika kamu sudah mendapat prestasi nasional dan internasional, maka orang sudah sangat kagum dengan prestasinya.

  1. Bekerja

Siapa yang bilang kalo kerja harus wisuda dulu? Malah lebih baik lagi jika masih kuliah sudah bisa kerja, punya penghasilan sendiri dan bisa membiaya kuliah sendiri. Ini pasti menjadi kebanggaan bagi diri sendiri tanpa harus merepotkan orang tua. Dengan berusahalah bekerja waktu masih kuliah, atur waktu sebaik – baiknya. Pastinya setelah lulus nanti, kamu akan lebih matang lagi untuk masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Inilah artikel tentangRugi, kalau mahasiswa hanya belajar dengan dosen. Gimana sob? Udah termotivasi? Mudah – mudahan ya. Semoga kamu dapat memanfaatkan kesempatanmu menjadi mahasiswa dengan sebaik – baiknya.

Penulis : Umar Sahidin

SUMBER

 

 

 

Related posts

Hasil survei membuktikan bahwa guru masih khawatir jika pembelajaran dilakukan tatap muka

Tim Kontributor

Rupiah Kembali Melemah Rp14.875 per Dolar AS , Pada Senin 28 September 2020

Tim Kontributor

Pentingnya Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi Corona

Tim Kontributor

Leave a Comment