Faktual.id
KOMUNIKASI

PENGERTIAN ILMU KOMUNIKASI DAN PROSPEK KERJA

Manusia tidak bisa untuk tidak berkomunikasi, karenanya di kehidupan sehari-hari tidak lepas dari komunikasi. Komunikasi memiliki definisi yang beragam , menurut Judy C. Pearson & Paul E. Melson komunikasi merupakan proses memahami dan membagi makna kepada individu dan kelompok. Macam-macam komuniksai seperti komunikasi interpribadi (dengan diri sendiri), komunikasi antarpribadi (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi public, komunikasi organisasi, komunikasi massa.

Tujuan komunikasi secara umum adalah sebagai pemberian informasi dan pengetahuan, menyampaikan pendapat, melakukan interaksi dengan orang lain, memotivasi orang lain dan sebaginya, komunikasi juga memiliki 6 unsur yang selalu ada yakni; komunikator (pengirim pesan), pesan, sarana (media penyalur pesan, komuikan(penerima pesan), umpan balik (jawaban penerima pesan), dampak (efek yang timbul sesudah dan sebelum menerima pesan. Menurut cara penyampainnya, komunikasi disampaikan secara verbal (menggunakan kata-kata lisan atau tulisan) dan komunikasi non-verbal (menggunakan  gestur tubuh, ekspresi wajah, kontak mata dan bentuk non-verbal lainnya)

Komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan. Karena pada dasarnya ilmu komunikasi itu lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional, Ilmu Komunikasi ini cakupannya sangat luas sekali. Jadi semua tergantung mahasiswa meminati dan konsentrasi apa yang didalami ketika kuliah nggak heran kalau prospek kerja Ilmu Komunikasi juga sangat luas. Lulusan mahasiswa Ilmu Komunikasi nggak hanya bisa berkecimpung di industri media, tapi di berbagai macam organisasi. Sebagai humas atau PR di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat komunikasi politik, pengamat media, masih banyak lainnya. Seorang mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi nyatanya memiliki peluang karir yang cukup luas Karena dimanapun seseorang berada, setiap saat komunikasi selalu dibutuhkan.

Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi massa dan Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” –Umar Sahidin NIM:1928121021

Related posts

Program Studi Terpopuler

penulis

Rossi Soal MotoGP Indonesia: Saya Ngaku Sudah Enggak Sabar Balapan di Indonesia Tahun Depan

Tim Kontributor

Ketika Sosial Media Membuat Kita Anti Sosial

Tim Kontributor

Leave a Comment