Faktual.id
EKONOMI

Pengaruh Pandemik Covid-19 Berimbas Pada Finansial Mahasiswa

Seperti yang kita ketahui pandemik covid-19 yang merebak di seluruh belahan dunia termasuk di negara kita Indonesia. Sejak maret 2020 covid-19 melanda bangsa kita, sejak itu pula perekonomian masyarak menurun termasuk finansial mahasiswa. Musibah  ini tentunya sangat meresahkan di seluruh kalangan masyarakat maupun dikalangan Mahasiswa. Namun dengan demikian kegiatan belajar mengajar di kalangan mahasiswa pun tetap berjalan secara online, dan juga soal pembayaran uang regis pun tetap berjalan seperti biasanya. Hal ini tentunya membuat Sebagian besar Mahasiswa menjadi kewalahan dalam persiapan pembayaran uang kuliah maupun uang transportasi setiap harinya, dikarenakan rata-rata mahasiswa yang berstatus pekerja mengalami Pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ini tentunya  berimbas pada pembayaran uang kuliah.

Namun tidak hanya itu saja yang banyak di alami oleh Mahasiswa saat ini, bahkan ada beberapa orang yang tidak melanjutkan studinya ke jenjang berikutnya akibat menurunnya pendapatan ekonomi. Pendidikan adalah salah satu proses tanpa akhir. Berdasarkan pernyataan tersebit dapat diketahui bahwa Pendidikan harus berjalan dalam keadaan apapun, sekalipun dunia kita sedang dilanda oleh virus. Pelaksanaan belajar pun tetap dilaksanakan dengan system online (daring) sejak maret 2020. Banyak sarana pembelajaran jarak jauh tersebut yang tidak dapat dihindari dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Adapun sarana pembelajaran tersebut seperti aplikasi Zoom, google classroom, google meet dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Penggunaan aplikasi tersebut tidak hanya di kalangan Mahasiswa saja, akan tetapi masih banyak lagi yang menggunakan seperti tingakat SMA, SMP, SD dan bahkan perusahaan-perusahaan besar. Nah tentunya dalam penggunaan aplikasi ini pasti tidak pernah lepas dari yang namanya kouta internet. Meskipun ada bantuan kouta dari pemerintah Mahasiswa masih tetap saja kekurangan, karena di era yang sekarang ini pengguna internet lebih besar dari pada non pengguna internet dan ini tentunya berimbas pada masalah ekonomi masyarakat.

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas pembelajaran kelas komunikasi Massa Dan Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”.-Berkat Juniarman Waruwu /KMMB

 

Kategori: Ekonomi

Related posts

Hari I Libur Panjang, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 61 Ribu

Tim Kontributor

Penjaga Kantin Banting Setir Menjadi Pedagang Bunga Plastik Saat Sekolah Ditutup

Tim Kontributor

Strategi Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru

Tim Kontributor

Leave a Comment