Faktual.id
RAGAM INFO

Menurut IDI Tidak Semua Pasien Covid Dirawat Di Rumah Sakit

Ketua terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi mengatakan, tidak semua pasien Covid-19 harus dirawat di rumah sakit. Ia mengatakan, pasien positif Covid-19 bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri dengan memanfaatkan layanan konsultasi atau telemedisin yang disediakan pemerintah. “Tidak semua dengan Covid-19 harus dirawat, kalau kondisi ringan, di kota-kota besar isolasi mandiri terpantau itu berjalan,” kata Adib dalam diskusi secara virtual.

Adib mengatakan, meski layanan telemedisin belum menjangkau semua daerah, peran puskesmas harus optimal untuk memantau kondisi pasien. “Jadi tidak semuanya masuk ke rumah sakit, itu harian diketahui oleh masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta pasien positif Covid-19 varian Omicron tanpa gejala dan bergejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal ini disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi merespons peningkatan kasus harian Covid-19.

“Pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan diimbau isolasi mandiri (isoman) di rumah,” kata Nadia dalam keterangan tertulis melalui laman resmi Kemenkes RI.

Nadia mengatakan, varian Omicron memiliki karakteristik tingkat penularan yang sangat cepat, jika dibandingkan dengan varian Alpha, Beta, dan Delta. Namun, gejalanya lebih ringan dan tingkat kesembuhan juga sangat tinggi.

“Pasien yang masuk rumah sakit, 85 persen sudah sembuh, sedangkan yang kasusnya berat, kritis hingga membutuhkan oksigen sekitar 8 persen,” ujarnya. Lebih lanjut, Nadia meminta pasien Covid-19 varian Omicron yang memiliki saturasi oksigen di atas 95 persen tidak khawatir.

Ia menyarankan, bila pasien memiliki gejala ringan, segera berkonsultasi dengan layanan telemedisin. “Kalau ada gejala seperti batuk, flu, dan demam, segera konsultasi melalui telemedisin atau puskesmas setempat,” pungkasnya. Disarikan Oleh MSLP
Sumber

Related posts

75,8% Warga Puas atas MotoGP Mandalika

Tim Kontributor

Stasiun Palmerah Sepi Saat Weekend

penulis

Pemerintah Tunggu Serangan Balik Tommy Soeharto

Tim Kontributor

Leave a Comment