Faktual.id
RAGAM INFO

Manfaat Olahraga Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

Yoga merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh Anda. Berlatih yoga secara rutin dapat mengubah suasana hati, pikiran dan juga akan meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang tidak hanya bermanfaat untuk kesiapan fisik sebelum berolahraga tapi juga mencegah cedera. Berikut beberapa manfaat olahraga yoga bagi tubuh :

  1. Mengatur berat badan
  2. Membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.
  3. Meningkatkan kesehatan mentaldengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur.
  4. Melancarkan pernapasan.
  5. Menguatkan keseimbangan tubuh.
  6. Menjaga kebugaran tubuh.
  7. Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
  8. Meringankan nyeri dan cedera.
  9. Membentuk otot.

Bukan hanya itu, yoga juga memiliki manfaat untuk meningkatkan peluang hamil. Beberapa pose yoga untuk meningkatkan peluang hamil di antaranya, staff pose, malasana squat, dan goddess pose.

Lakukan yoga secara rutin demi kesehatan jiwa dan raga. Yoga tidak hanya bisa berguna untuk ketenangan pikiran, tapi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda.

Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang. Namun, pemula tidak boleh langsung mencoba gerakan-gerakan yang exstrim karena dapat menyebabkan cedera dan jika anda mempunyai riwayat tekanan darah tinggi serta tidak sedang dalam kondisi hamil, hal tersebut sebaiknya harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Penulis : Fatima Aprilia W, Mahasiswi STISIP WIDURI

Related posts

8 Indikator Kinerja Utama Dalam Mengevaluasi Perguruan Tinggi Menurut Kemendikbud

Tim Kontributor

Kemenhub Siapkan Aturan Baru Perketat Perjalanan di Jabodetabek

Tim Kontributor

Lulung Baik dengan Ahok dan Belum Sempat Besuk Rizieq Shihab

Tim Kontributor

Leave a Comment