Faktual.id
RAGAM INFO Traveling

Kecantikan Burung Langka yang Ada di Indonesia

Indonesia memiliki kecantikan dan keindahan tumbuhan dan satwa yang sudah mendunia, akan tetapi beberapa diantara tumbuhan dan satwa tersebut termasuk langka dan di lindungi. Salah satunya beberapa Burung yang ada di Indonesia yang harus di lestarikan.

  • Burung Cendrawasih Merah

Burung cendrawasih merupakan burung pengicau yang berukuran sedang dari Marga Paradisaea. Burung ini merupakan salah satu burung asli Indonesia yang dikategorikan langka dan terancam punah oleh IUCN (International Union for conservation of nature and natural) . Burung ini memiliki paras yang cantik yang memiliki bulu-bulu hiasan berwarna merah pada bagian Sisi perutnya dengan ujung berwarna putih. 

  • Jalak Bali

Jalak Bali ( Leucopsar Rothschildi) yang merupakan Burung endemik pulau Bali adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara indah dan tampilan yang sangat menarik sehingga banyak sekali orang yang senang dengan burung ini namun sayangnya burung ini bisa dibilang menjadi burung yang langka dan dilindungi sehingga memerlukan kemampuan khusus untuk membudi dayakan burung tersebut.

  • Burung Merak Hijau

Burung merak hijau ya kalian pasti tidak asing dengan burung ini, burung yang memiliki nama Latin pavo muticus merupakan burung yang dilindungi menurut ICBP (the International Council for Bird Preservation) Merak hijau merupakan jenis burung yang terancam punah baik populasi maupun habitatnya Merak ini tidak kalah cantiknya dengan Merak asal India ataupun merak yang berasal dari Republik Demokratik Kongo. 

 

  • Burung Kehicap

Burung kehicap yang memiliki habitat di Pulau Buano yang terletak di barat laut Pulau Seram, Maluku Selatan memiliki populasi yang diperkirakan hanya sekitar 100-200 ekor dengan jumlah burung dewasa sekitar 70-130 ekor. 

 

  • Kuau Raja

Burung kuau raja adalah burung asal Sumatera yang telah ditetapkan menjadi fauna identitas dari provinsi Sumatera Barat Burung ini memiliki bulu yang motifnya bulat-bulat seperti halnya mata sedangkan warnanya terlihat cerah serta bintik-bintik keabu-abuan terlebih saat bulu ekornya dikembangkan. Burung ini hidup pada permukaan tanah, walaupun berukuran besar burung ini bisa terbang dengan jarak pendek akan tetapi kemampuan berlari nya sangat baik dan penciuman serta pendengarannya yang sangat tajam hal ini membuat burung ini susah ditangkap. 

Demikianlah beberapa burung langka cantik yang berada di Indonesia sebelum mereka punah. Mari kita lestarikan alam mereka. 

Penulis : Rika Nurseptiani, Mahasiswa STISIP Widuri

Related posts

NIKMATNYA TRAVELLING PAS JOMBLO

Tim Kontributor

Fenomena Generasi Rebahan, Gimana Cara Menyikapinya? Hmmmm…

penulis

Saat Pulau Run di Maluku Ditukar dengan Manhattan di Amerika

Tim Kontributor

Leave a Comment