Faktual.id
RAGAM INFO

Beragam Macam Manfaat Yang Terkandung Pada Saffron

Saffron merupakan untaian benang yang berasal dari putik bunga Crocus sativus. Bagian kepala putik bunga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Tak heran, selama pandemi, saffron begitu banyak dicari meski harganya tidak murah.

Saffron memang tampak kecil dan ringan. Namun siapa sangka, justru saffron dinyatakan sebagai rempah termahal di dunia. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, pertama, proses untuk mendapatkan saffron yang siap pakai dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia. Selain itu saffron yang berasal dari putik bunga Crocus Sativu ini hanya menghasilkan tiga putik per tangkainya. Ditambah dengan musim panen yang hanya terjadi satu tahun sekali yaitu pertengahan Oktober hingga awal November. Untuk mendapatkan satu kilogram saffron sendiri dibutuhkan sekitar 150 ribu bunga Crocus Sativu.

Simak yuk, beragam manfaat bunga saffron yang baik untuk kesehatan hingga kecantikan ini :

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Pencegah Kanker

sebuah riset pada tahun 2015 menyebut jika saffron mengandung antioksidan aktif seperti crocinpicrocrocinkaempferol, dan crocetin.

Antioksidan yang tinggi mampu membentengi tubuh dari berbagai radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu berbagai masalah kesehatan. Seperti penyakit jantung dan kanker. Konsumsi saffron dalam jumlah yang tepat diklaim mampu menjaga kesehatan tubuh.

  • Meredakan Gejala PMS

Dilansir dari Webmdbeberapa penelitian menyebut bahwa mengonsumsi produk yang mengandung saffron, biji seledri, atau adas manis mampu mengurangi nyeri saat haid.

Selain itu konsumsi saffron secara rutin juga bisa mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti stress, sakit kepala, nyeri, gelisah, dan lain-lain.

Dilansir dari Healthline, hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang melibatkan wanita usia 20-45 tahun yang diberi asupan 30 mg saffron setiap hari. Gejala PMS mereka lebih efektif ketimbang terapi plasebo.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Dilansir dari Webmd, konsumsi ekstrak saffron secara rutin selama 22 minggu bisa mengurangi gejala penyakit alzheimer. Saffron bisa sama efektifnya dengan obat donepezil. Kondisi tersebut secara teori memang memungkinkan karena sebuah studi menemukan saffron mampu mempertajam ingatan dan tinggi antioksidan serta punya efek anti-inflamasi.

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Kandungan anti jamur pada sffron dapat membantu mengobati jerawat, noda dan komedo.

  • Mengatasi Kulit Kusam.

Untuk mengusir kusam dari kulit wajah, tambahkan 2-3 helai saffron ke dalam 1 sdt air. Biarkan hingga semalam. Keesokan paginya ketika air telah menguning, tambahkan 1 sdt susu, 2-3 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa serta sedikit gula. Gunakan racikan ini sebagai masker. Biarkan mengering sekitar 15 menit sebelum dicuci bersih. Masker ini dapat menyegarkan kulit yang kusam serta dapat menghilangkan mata panda kamu. Selain itu, masker ini pun dapat membantu eksfoliasi kulit dengan cara melancarkan sirkulasi darah, sehingga kulit kamu akan halus dan bercahaya.

  • Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Kandungan antioksidan dalam saffron membantu memperbaiki foliker rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penulis : Fatima Aprilia W, Mahasiswi STISIP WIDURI

Related posts

Terima e-KTP dengan Identitas Baru, Aprilio Manganang: Seperti Lahir Kembali

Tim Kontributor

Sejarah Istana Maimun Dan Misteri Meriam Puntung

penulis

Informasi tentang keindahan pantai pasir putih lampung

Tim Kontributor

Leave a Comment