Faktual.id
POLITIK

Mahasiswa Sangat Reaktif Terhadap Kebijakan Pemerintah

Seseorang mahasiswa ialah seorang figur yang mampu berpikir kritis dan tanggap akan adanya suatu peristiwa. Dalam perannya sebagai perubahan dan control sosial, mahasiswa juga mampu menjembatani hubungan antara akademik dan masyarakat. Gerakan-gerakan mahasiswa yang diisi oleh kaum-kaum muda identic dengan gerakan moral yang tumbuh berdasarkan simpati dan empati terhadap lingkungan, masyarakat , dan bangsanya. Dengan intelektualiitas dan semangat juang yang tinggi, mahasiswa mampu membawa nilai-nilai perubahan yang positif dan membangun, serta rasa keberpihakan yang tinggi kepada masyarakat. Dalam hal ini, mahasiswa sangat berperan penting dalam hal menilai, mengkritisi ,dan mengambil tindakan pertama terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang dinilai ambigu dan cenderung memihak ataupun merugikan suatu pihak bagi suatu golongan baik dari golongan pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum.

Salah satu aksi mahasiswa yang paling terkenal dan paling mengiang di bayangnan kita  ialah tragedi 1998. Pada saat iru mahasiswa melakukan demonstrasi dengan tujuan melengserkan Presiden Soeharto. Gerakan ini didukung dengan keadaan krisis moneter yang terjadi saat itu, sehingga demonstrasi pun tidak terkendali hingga berujung kearah anarkisme yaitu kerusuhan hingga penjarahan.  Gerakan ini menunjukkan  bahwa mahasiswa memiliki semangat juang yang tinggi sebagai agent of change dalam menegakkan suatu kebenaran dan pada saat itu pun 4 orang mahasiswa pun tewas dalam tragedy trisakti yang menjadikannya sebagai pahlawan reformasi.

 

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi Massa Dan Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”

M Rizchal F KMMB 12

Related posts

MAHASISWA PENYUARA RAKYAT

Tim Kontributor

Peran Politik Kampus

Tim Kontributor

Politikus Partai Demokrat Andi Arief Dikabarkan Ditangkap karena Narkoba

Kontributor

Leave a Comment