Faktual.id
Bisnis

Kondisi Pasien Wisma Atlet Yang Sedang Berjemur

Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat saat ini digunakan sebagai rumah sakit darurat untuk menangani pasien virus Covid-19 yang menjalani karantina. Hal tersebut sangat penting untuk menekan penyebaran virus tersebut yang semakin bertambah setiap harinya.

Hinggi kini tercatat sudah ribuan penderita positif Covid-19 masuk wisma atlet. Mereka datang dari berbagai daerah di Jakarta dengan profesi berbeda. Di RSD Wisma Atlet, pasien Covid-19 diperlakukan dengan baik oleh tim tenaga kesehatan (nakes). Setiap pagi, pasien dipantau oleh nakes yang bertugas, menanyakan keluhan yang dirasa hingga memberikan obat sampai si pasien dinyatakan negatif.

Wisma atlet terdiri beberapa tower setinggi 32 lantai. Setiap kamar berisi dua pasien dengan tempat tidur terpisah serta menempel air conditioner (AC) yang disesuaikan. Makanan dibagikan tiga kali sehari, pagi, siang dan malam. Jika pasien masih merasakan gejala virus atau ada keluhan, bisa konsultasi ke dokter di poliklinik dan kemudian mendapat obat.

Menaruh perhatian pada area terbuka di taman lintasan lari (jogging track) dan rooftop yang biasa dipakai untuk berjemur pagi. Orang-orang positif COVID-19 biasa berada di lokasi yang sama pada waktu yang sama, di lokasi itu. Banyak aktivitas yang dilakukan saat pagi selain berjemur untuk mendapat asupan vitamin D. Mulai senam, joging, lari berkeliling wisma atlet, main bola voli, badminton, basket hingga futsal dengan mengikuti protokol kesehatan. Selain orang dewasa, pasien di wisma atlet juga terlihat beberapa anak-anak dan keluarga. Meski terpapar Covid-19, pasien di Wisma Atlet tetap menunjukan keceriaannya, optimis bakal sembuh dari virus tersebut.

 

 

Penulis : Faiq Zulfikri

Related posts

Naik Transportasi Online saat Covid-19?

penulis

Self Awareness Masyarakat Di Masa Pandemi

Tim Kontributor

Momen Seorang Mahasiswa Mengikuti Wisuda Online Di Tengah Hutan

Tim Kontributor

Leave a Comment