Faktual.id
Bisnis EKONOMI

Omset Ikan Cupang Meningkat Disaat Kondisi Pandemi

Sejak kasus pertama pandemi Covid-19 ditetapkan di Indonesia pada Maret 2020, hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah secara signifikan. Banyak sektor yang terdampak akibat virus ini, salah satunya sektor ekonomi. Namun nampaknya pandemi tidak berpengaruh pada mereka yang memiliki bisnis ikan cupang hias.

Selama masa pandemi hingga saat ini diterapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), para peternak maupun penjual ikan cupang hias tidak mengalami penurunan omset, bahkan meningkat. Salah satu peternak atau breeder ikan cupang, Irfan ceritakan bahwa dirinya kebanjiran pembeli ketika pandemi seperti sekarang ini. Orang-orang terus berdatangan ke rumahnya dan ada juga yang meminta dikirim melalui jasa pengiriman.

“Kayaknya corona gak ngaruh ya buat usaha saya, karena kalau bisa dibilang omset penjualan tetap stabil. Saya juga heran orang-orang kok malah pada nyari ikan cupang padahal ekonominya lagi menurun. Tapi berarti itu memang rezeki saya,” kata Muhammad irfan sambil tertawa ketika ditemui kediamannya Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Karena banyaknya pesanan dari pelanggannya, ia sampai membudidaya ikan cupang hias lebih banyak dari sebelumnya. Kalau pada hari-hari biasa ia hanya memijahkan paling banyak 10 pasang, namun setelah banyak pesanan ia bisa memijahkan 50 sampai 100 pasang ikan cupang hias. Tentu saja hal itu membuat dirinya bekerja lebih ekstra untuk mengurus ikan-ikannya agar tetap hidup dan indah dipandang mata.

 

Penulis : Faiq zulfikri

Related posts

Taman Bermain Anak BKT Kalimalang

Tim Kontributor

Hari I Libur Panjang, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Tembus 61 Ribu

Tim Kontributor

Yayasan Al Madinah Berbagi Makanan Ke Pemulung Dan Pengemis

Tim Kontributor

Leave a Comment