Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Kampanye Hari Pertama Anies, Prabowo & Ganjar, Ini Jadwalnya

Hari ini, Selasa (28/11/2023), merupakan hari pertama kampanye tiga presiden dan wakil presiden: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan kampanye pemilu 2024 pada 28 November hingga 10 Februari 2024. Selama kampanye ini, para politisi dan wakil presiden mengunjungi banyak daerah di Indonesia, baik secara individu maupun bersama-sama.

Pada kampanye Pilpres 2024 hari pertama, pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Anies-Muhaimin (Amin) melakukan kampanye secara terpisah. Anies akan “kick off” di Kampung Tanah Merah Jakarta Utara. Kemudian, ke Ciracas Jakarta Timur, Bogor dan Bandung di Jawa Barat.

Adapun alasan Anies memilih Tanah Merah sebagai lokasi “kick off” adalah bahwa saat dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dirinya membawa pesan keadilan.Dengan memilih Tanah Merah sebagai titik awal, dia ingin melanjutkan pesan keadilan ke tahap nasional.

“Pilihan di Jakarta sederhana, karena pada prinsipnya selama kami bertugas di Jakarta, kita membawa pesan keadilan sosial dan itu juga yang akan kami teruskan dalam perjuangan di tingkat nasional,” kata Anies di Hotel Balairung, Senin (27/11/2023) malam.

Sementara, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mulai hari cuti sebagai Wakil Ketua DPR RI untuk kampanya Pilpres 2024. Ketua umum Partai Kebangkitan Balangsa (PKB) ini menyampaikan bahwa agenda kampanye perdana akan berkunjung ke rumah ibunya di Jombang Jawa Timur (Jatim) untuk meminta izin. Setelah itu, dia berkampanye di beberapa wilayah Jatim seperti Kota Surabaya.

“Saya mulai besok sowan ke ibu saya di Jombang kampanye, izin pamit, lalu lanjut ke berbagai titik di Jatim,” ucapnya saat ditemui di KPU, Senin (27/11/2023).

Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran akan “kick off’ di wilayah Jabodetabek. Prabowo mengemukakan dirinya akan berkampanye di wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, Gibran akan memulai kampanye terbuka di beberapa lokasi di daerah.

“Kita kick off di sekitar Jabodetabek. Kita berbagai tugas. Nanti yang muda yang bergerak ke mana-mana,” tuturnya di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menjelaskan bahwa kampanye yang dilakukan oleh Prabowo dan Gibran nanti ada yang terpisah dan ada yang dilakukan bersamaan.

“Jadi ini bagian dari strategi ya. Ada yang dipisah dan ada yang digabung kampanyenya, jadi sesuai dengan kebutuhan saja,” kata Nusron.

Tim kampanye Prabowo-Gibran bakal mengampanyekan program Prabowo-Gibran dengan cara menggelar bakti sosial, membagikan makan siang gratis hingga membagikan susu gratis kepada anak-anak sekolah.

“Pokoknya ada sekitar 200 titik di Jabodetabek,” ujarnya.

Nusron menyebut bahwa Prabowo-Gibran akan menyambut hari pertama kampanye dengan selawatan (sholawat).

“Sebelum memasuki hari pertama masa kampanye yang jatuh pada hari, Selasa 28 November, Pak Prabowo akan selawatan bareng Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf,” kata Nusron dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Selawatan tersebut dilakukan sebagai wujud doa dari TKN Prabowo-Gibran agar masa kampanye bisa berjalan damai dan lancar.

Selawatan, kata dia, adalah doa dan ikhtiar (ikhtiar spiritual) dari tim Prabowo-Gibran.

Selain dengan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, selawatan juga akan digelar di posko masing-masing Tim Kampanye Daerah (TKD) di seluruh Indonesia secara serentak.

Ganjar-Mahfud

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan memulai agenda kampanye hari pertama dari dua sisi ujung Indonesia, yakni Aceh dan Papua.Kampanye terakhir dari pasangan calon ini akan di Jakarta.

“Kita memulai besok [kampanye]. Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh,” ungkap Ganjar usai Rakornas Gakkumdu Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menjelaskan, pihaknya sengaja memulai dari Timur dan Barat. Setelahnya, ke bagian tengah Indonesia. Ganjar memastikan akan menyerap aspirasi dari masyarakat.

“[Kami] bertemu dan berkomunikasi [dengan masyarakat] lebih intens,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar menyatakan pihaknya juga sudah menandatangani komitmen kampanye damai dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Oleh sebab itu, dia berjanji akan menuruti komitmen itu.

“Sudah membuat komitmen, tugas kita adalah melaksanakan tata dan komitmen yang sudah kita tandatangani,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengiatkan agar tidak ada pihak yang melakukan pelanggaran-pelanggaran tindak pidana pemilu.

Menurutnya, Bawaslu sudah mendeteksi kerawanan pelanggaran tindak pidana pemilu. Oleh sebab itu, Bagja meminta setiap pihak menjaga komitmen berkampanye sesuai koridor yang sudah diatur dalam perundang-undangan. Terutama, lanjutnya, jangan sampai ada kampanye hitam.

“Laksanakan kampanye sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, menjauhi tindak politik uang, tidak melakukan politisasi SARA, tidak menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian demi mewujudkan pemilu yang aman damai dan demokratis,” ungkapnya dalam Rakornas Gakkumdu Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

MENGAPA JAKARTA BERPLAT B ?

Tim Kontributor

PDI Perjuangan Unggul Dalam Survei Elektabilitas, Lewat Survei Populi Center.

Tim Kontributor

Zulhas Ditemui Gibran Bilang ‘Bismilah Mas Wali’

Tim Kontributor

Leave a Comment