Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

IPB University Akan Membuka Kampus di Luar Negeri, Dinegara Mana Saja?

IPB University sedang mempersiapkan rencana pembukaan kampus di luar negeri. Rencana tersebut merupakan bagian dari visi IPB untuk menjadi kampus kelas dunia.

“Sesuai milestones IPB 2024-2028, IPB University ingin mencapai Global Engagement pada 2026. Pendidikan mendunia di IPB University diejawantahkan dalam bentuk pendirian kelas, program studi dan kampus internasional,” kata Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Deni Noviana dikutip dari laman IPB, Senin, 15 Januari 2024.

Menurut Deni, ada tiga poin utama yang diusung dalam tema kerja 2026, yaitu Global Engagement. Tiga poin itu adalah global student and alumni network, global collaborative research serta global industrial engagement. Ketiga poin tersebut menjadi landasan dalam arus mobilitas internasional.

Deni mengatakan pada dasarnya IPB University telah memiliki daya tarik dan faktor pendorong dalam menguatkan arus mobilitas internasional. Seperti halnya skema pembelajaran, engaging learning journey, student life yang dinamis dan sehat serta hassle-free international student services yang menjadi daya tarik mahasiswa internasional.

“Selain itu, tagline ‘IPB Students Going Global’ (mobilitas mahasiswa IPB yang melakukan exchange ke luar negeri) memperkuat pendidikan mendunia IPB University,” kata Deni.

Kelas internasional

Sebagai langkah awal, tahun ini IPB University membuka kelas internasional pada sejumlah program studi, yaitu smart agriculture, kedokteran hewan, ilmu dan teknologi kelautan, teknologi pangan, teknik industri pertanian, manajemen, agribisnis, ekonomi sumber daya dan lingkungan, ekonomi syariah dan bisnis.

Menurut Deni, rencana pembukaan kampus IPB University di luar negeri memiliki potensi market di beberapa negara, yaitu Malaysia, Tiongkok, Timur Tengah, Afrika serta Timor Leste. Negeri jiran menjadi salah satu pilihan dalam pendirian kampus di luar negeri sebab adanya permintaan 1.000 dokter hewan dari negara tersebut.

“Langkah selanjutnya, IPB University akan membentuk focus group discussion yang berkaitan dengan technical issues pengembangan kampus luar negeri. Dengan agenda ini, harapannya IPB University menjadi lebih dekat untuk mendunia dan eksis di kancah internasional,” kata Deni.

 

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Perbedaan Flu Biasa dan Batuk-pilek Yang Banyak Dikeluhkan Oleh Pasien Omicron

Tim Kontributor

Si Hoki yang Sialan

Tim Kontributor

Ketua PKB Curiga MUI Ditumpangi untuk Suarakan Intoleransi

Tim Kontributor

Leave a Comment