Faktual.id
RAGAM INFO Traveling

Dibalik Keindahan Gunung Lawu

Indonesia kaya akan keindahan alamnya, dari sabang sampai marauke. Negara kita Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang memiliki panorama yang indah.  Di dunia ini, Indonesia merupakan salah sau negara yang memiliki gunung terbanyak karena itu Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi incaran para turis asing untuk berwisata.

Gunung lawu merupakan salah satu gunung yang memiliki panorama yang indah, gunung ini setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung lawu salah satu gunung yang memiliki keindahan dan kepopuleran bagi kalangan para pendaki. Namun dibalik keindahanya itu, gunung lawu memiliki banyak larangan untuk para pendaki menurut sejarah yang ada. Menurut survei gunung yang terkenal mistis ini juga sering memakan korban jiwa.

Ada beberapa larangan saat mendaki gunung lawu, larangan tersebut sangat berguna sekali bagi para pendaki demi menjaga keselamatan mereka. Meski larangan ini tidak tertulis namun seluruh pendaki maupun masyarakat sekitar mentaati larangan tersebut saat melakukan pendakian pada gunung lawu. Salah satu larangan yang paling sering di dengar yaitu saat mendaki gunung ini kita tidak boleh mengeluh atau berkata kasar, serta kita tidak boleh mengganggu ataupun membunuh kupu-kupu bewarna hitam dan bermotif biru karena menurut masyarakat sekitar, kupu-kupu tersebut merupakan penjaga saat kita melakukan pendakian. Meski belum dinyatakan kebenarnya tapi apasalahnya untuk dipercaya demi keselamatan saat pendakian karena bukan hanya manusia yang harus kita hormati tetapi seisi alam ini pun juga harus kita hargai.

Penulis : Karina Zeta Ayuningtyas, Mahasiswa STISIP Widuri.

Related posts

Kesehatan Mental Sama Pentingnya Dengan Kesehatan Fisik

Tim Kontributor

Perkiraan Puncak Lalu Lintas Cuti 28 Oktober Oleh Jasa Marga

Tim Kontributor

SAYA MILANISTI

Tim Kontributor

Leave a Comment