Faktual.id
RAGAM INFO

Gejala Omicron Pada Anak, Ketahui lah !!!

Kasus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat akibat penyebaran varian Omicron. Tercatat kasus Omicron di Indonesia mencapai 3.161 kasus, dan kasus Omicron pada anak juga menunjukkan peningkatan. Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.661 kasus Omicron di Indonesia merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Sementara 1.247 kasus adalah transmisi lokal, dan masih dalam pemeriksaan epidemiologi 253 orang. Di sisi lain, varian Omicron bukan hanya menyerang orang dewasa saja. Pasalnya menurut Nadia, sebanyak 324 anak dilaporkan terinfeksi Covid varian Omicron. “Ada 324 orang anak terpapar varian Omicron,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, terkait meningkatnya kasus Omicron pada anak, Nastiti mengingatkan para orangtua untuk tidak panik dan tetap tenang jika mengetahui anak terkonfirmasi Covid-19.

Sebab, gejala Omicron disinyalir lebih ringan, bahkan tanpa gejala. “Sehingga yang perlu dilakukan orangtua adalah mengenali kegawatan, kita memperhatikan gejala yang mengharuskan anak dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Adapun gejala Omicron pada anak biasanya meliputi:

  • Demam ringan
  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Diare

“Yang bisa kita lakukan adalah mencoba mengatasi permasalahan itu dengan memberikan obat penurun panas, meminta anak banyak minum, sambil mengenali gejala anak yang harus dibawa ke rumah sakit,” lanjut dia.

Sedangkan, gejala Omicron pada anak yang harus diwaspadai di antaranya:

Jika anak tidak mau minum sama sekali, sehingga jarang buang air kecil Anak mengalami kejang Muncul gejala sesak napas Muntah terus-menerus Diare yang tidak berhenti Kesadaran pada anak mulai berkurang “Itu adalah tanda-tanda (gejala Omicron pada anak) yang mengharuskan anak dibawa ke rumah sakit,” jelas Nastiti. Disarikan Oleh MSLP
Sumber

Related posts

Meningkatkan Rasa Kebersamaan WNI di Thailand Melalui Seni Budaya dan Olahraga

Tim Kontributor

Temuan Hewan Raksasa Paling Awal Di Bumi

Tim Kontributor

Kerusakan Dampak Gempa M 6,1 Melonguane Sulut

Tim Kontributor

Leave a Comment