Faktual.id
KOMUNIKASI

Belajar News Presenter Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi

News presenter merupakan orang yang bertugas membacakan sebuah berita. Namun ia tidak terlibat dalam proses peliputan maupun penentuan sebuah berita. Materi yang dibacakan telah disusun dan disiapkan oleh redaksi pemberitaan. Masing-masing stasiun televisi memiliki penyajian program berita dan presenter berbeda dalam membacakan program acara yang telah dibuat. Sehingga karakteristiknya juga harus disesuaikan dengan target audience masing-masing acara televisi.

Seorang presenter tidak hanya bermodalkan wajah cantik atau tampang keren saja, walau memiliki wajah yang menarik tetap menjadi salah satu faktor pendukung. Namun syaratnya tidak hanya itu saja. Presenter harus bisa membawakan sebuah acara dan informasi dengan baik, sehingga apa yang mereka bacakan dapat diterima oleh publik.

Didalam Ilmu Komunikasi kita mempelajari bagaimana mengkomunikasikan pesan dengan efektif secara tertulis maupun langsung atau lisan. Disaat kita memilih program studi Ilmu Komunikasi kita juga akan memilih jurusan apa yang kita inginkan salah satunya Jurnalistik Jurusan ini lebih pada profesi seorang Jurnalis. Sedangkan seorang penyiar berita juga merupakan seorang Jurnalis televisi.

Biasanya, sebelum menjadi penyiar berita, orang tersebut akan menjadi reporter di lapangan. Pemahaman dan penguasaan ilmu Jurnalistik dibutuhkan untuk menjadi pembawa acara. Atau pengetahuanmu selama di lapangan akan sangat berguna ketika kamu menjadi penyiar berita atau pembawa acara.

Namun dalam Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia Jurnalistik ini salah satunya News Presenter sebagai prospek kerja dalam Ilmu Komunikasi Jurnalis.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Aditya Ramandha Junaidi/MMD2.

Related posts

Ini Prospek Karier Lulusan Ilmu Komunikasi

penulis

Peluang dan Manfaat Belajar Ilmu Komunikasi

penulis

Kendala Pembelajaran Jarak Jauh

penulis

Leave a Comment