Faktual.id
Bisnis

Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula

Fingerstyle merupakan salah satu teknik bermain gitar dengan cara memetik senar secara bersamaan hingga tersusunnya beberapa nada dalam menginstrumenkan sebuah lagu, bisa itu lagu klasik, pop, jazz, dan lain sebagainya.

Dalam permainan fingerstyle kita tidak hanya memainkan satu jari saja, melainkan kita haris mahir dalam memainkan kelima jari kita. Biasanya pemain fingerstyle selalu menggunakan fingerpick dalam setiap acara atau menampilkan skill gitarnya. Bukan hanya itu fingerpick juga setiap orang yang ingin menggunakan teknik fingerstyle namun dengan karakteristik kuku yang lemah sehingga tidak mudah patah dalam memetik gitar.

Teknik gitar fingerstyle ini sangat jauh berbeda dengan teknik gitar lainnya. Fingestyle memiliki tingkat kesulitan diatas pemain gitar pada umumnya. Berikut beberapa diantaranya tips atau cara bermain fingerstyle untuk pemula.

1. Latihan senam jari
Cara ini sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu memetik senar gitar menggunakan ujung jari dari atas menuju ke bawah. Ada catatan khusus agar proses belajar gitar dengan melakukan fingerstyle bisa optimal. Pertama-tama pastikan bahwa ujung kelingking ada pada senar 1, jari manis pada senar 2, jari tengah pada senar ke 3. Selain itu, pastikan juga posisi jari telunjuk ada pada senar 4 dan ibu jari pada senar 5 dan 6. Lakukan memetik senar tersebut secara bolak-balik. Jika ujung jari sudah terbiasa dan mulai lincah, Anda sudah bisa bermain dengan melodi.

2. Membaca tablature / tab
Tablature adalah panduan atau petunjuk dimana kita memetik senar gitar. Ya, hampir sama dengan not balok, tab adalah not balok versi gitar. Tab biasanya dibuat oleh pencipta lagu, atau orang lain.

3. Latihan rutin
Tidak hanya fingerstyle, semuanya perlu latihan rutin untuk menghasilkan hasil yg maksimal. Jadi, jangan sia-siakan latihan anda di tips 1,2,3 kemudian anda tidak latihan rutin. Anda bisa latihan rutin lewat songsterr.com. atau situs-situs lainnya, atau juga anda bisa mengikuti kursus gitar khusus fingerstyle.

 

Penulis : MuhamadReza, Mahasiswa STISIP WIDURI

Related posts

perginya manusia Al Qur’an kepada Sang Ilahi

Tim Kontributor

Perselingkuhan Bukan Hanya tentang Seks

Tim Kontributor

Kalahnya sang Raja di ajang word championsip M2 Mobile Legend Bang-Bang

Tim Kontributor

Leave a Comment