Faktual.id
RAGAM INFO

Virus Omicron Terdeteksi Setelah Karantina 10 Hari

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, dua pasien baru Covid-19 yang terinfeksi Varian Omicron ditemukan usai menjalani karantina selama 10 hari sepulangnya dari luar negeri.

“Kedua pasien terbaru ini terdeteksi setelah menjalani karantina wajib 10 hari sepulangnya dari luar negeri,” kata Nadia dalam keterangan tertulis melalui laman resmi Kemenkes RI.

Nadia mengatakan, dua pasien tersebut merupakan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus pribable atau kemungkinan terpapar Varian Omicron yang baru kembali dari luar negeri.

Keduanya, kata dia, memiliki riwayat perjalanan dari Amerika Selatan dan Inggris. “Dua pasien terkomfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris”.

Menurut Nadia, ditemukannya dua kasus tersebut menunjukkan bahwa sistem proteksi pemerintah berjalan dengan baik untuk mencegah penularan dari pelaku perjalanan luar negeri yang terjangkit virus covid-19.

Ia meminta masyarakat untuk mewaspadai perkembangan varia yang melakukan perjalanan ke luar negeri yang terjangkit virus tersebut. “Indonesia yang merupakan salah satu Negara yang paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar dari indonesia makan kita keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, maka akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pasti akan merusak situasi yang kondusif,”. Ucap Dia

Lebih lanjut, Nadia juga mengatakan, dengan bertambahnya dua pasien baru akibat Omicron, maka tercatat tiga kasus Covid-19 akibat tertular varian tersebut. “sebelumnya pasien pertama terkonfirmasi pada kamis lalu atas inisial N, seorang pekerja pembersih di wisma Atlet Kemayoran”. Disarikan Oleh MSLP

Sumber

Related posts

Yes Yes Yes! Pemerintah Mau Kasih Subsidi Upah buat Pekerja yang Dirumahkan

Tim Kontributor

Kronologi Penganiayaan Terhadap Ade Armando

Tim Kontributor

Pemprov DKI Terapkan PTM 100% Mulai Hari Ini

Tim Kontributor

Leave a Comment