Faktual.id
RAGAM INFO

“Tren Belanja Online Selama Pandemi, Barang Apa yang Banyak Dibeli Masyarakat?”

Tren belanja online terus mengalami peningkatan seiring perkembangan teknologi transaksi digital yang masif.

Kecenderungan orang berbelanja virtual juga makin menjadi lantaran pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Menurut laporan bertajuk Digital 2021 dari Hootsuite dan We Are Social, sebanyak 87,1 persen pengguna internet di Indonesia telah membeli bermacam-macam produk secara online melalui berbagai perangkat elektronik selama beberapa bulan terakhir pada 2020.

Adapun kategori produk yang paling banyak dibeli secara online adalah makanan, kecantikan, perawatan pribadi, fashion, barang elektronik, furnitur, video game, dan mainan.

Khusus untuk makanan, HootSuite mencatat bahwa ada 37,34 juta warga Indonesia yang juga memesan makanan take away melalui layanan online.

Kemudahan pembayaran digital

Bank Indonesia (BI) turut mencatat pertumbuhan pembayaran digital masyarakat selama pandemi.

Adapun nilai transaksi uang elektronik pada Maret 2021 yang dibukukan BI sebesar Rp 21,4 triliun, atau tumbuh 42,46 persen year on year (yoy).

Selain itu, BI juga mencatat, volume transaksi digital banking terus meningkat, pada Maret 2021 tumbuh 42,47 persen yoy mencapai 553,6 juta transaksi.

Masifnya jumlah masyarakat yang melakukan belanja online tak lepas dari kemudahan pembayaran secara digital menggunakan dua sarana tersebut.

Dengan metode transaksi online, masyarakat dapat melakukan pembelian dan pembayaran sejumlah barang dan jasa, seperti melunasi tagihan listrik dan air, membeli pulsa, berlangganan layanan video streaming, memesan moda transportasi, serta melakukan top up game favorit.

Pada dasarnya, tren belanja virtual tidak lepas dari beragam promo yang ditawarkan oleh penyedia layanan transaksi online.

Perusahaan penyedia dompet digital yang termasuk pionir di Tanah Air, GoPay, merupakan salah satunya.

Sebagai informasi, layanan GoPay saat ini terus diperluas dan tak terbatas pada urusan transportasi dan pesan antar makanan yang ada di dalam aplikasi Gojek saja.

Pengguna cukup mengunduh aplikasi Gojek dan dapat langsung menggunakan GoPay untuk melakukan transaksi seperti transfer, berinvestasi, membayar langganan streaming film, pembayaran tagihan, berbelanja offline maupun online di ratusan e-commerce, marketplace, dan pembayaran berbagai aplikasi populer yang ada di Google Play.

Terbaru, anak perusahan GoTo itu meluncurkan program GoPay Promo Festival yang menawarkan cashback hingga 50 persen.

Masyarakat dapat memanfaatkan serangkaian penawaran khusus untuk transaksi GoPay di lebih dari ratusan tempat belanja mulai Kamis (24/6/2021) hingga Minggu (15/8/2021).

Bisa dibilang, GoPay memberikan kemudahan pembayaran di mana saja dan tidak terbatas hanya di aplikasi Gojek. Dengan pakai GoPay, pengguna bisa bayar apa aja di mana-mana. Klik tautan gopay.co.id/promofestival untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai GoPay Promo Festival.

Sumber

Related posts

Inovasi Bisnis Agar Semakin Berkembang

Tim Kontributor

DIDIKAN ORANG TUA MENJADI PEMICU BAGI KEMAJUAN SEORANG ANAK

Tim Kontributor

Jokowi Tinjau Vaksinasi Door to Door di Aceh

Tim Kontributor

Leave a Comment