Faktual.id
Bisnis

Tips Agar Bisa Konsentrasi Belajar dari Rumah

Belajar dari rumah sudah hampir setahun diterapkan di Indonesia. Ini untuk memutus mata rantai penularan virus covid-19. Namun demikian, belajar dari rumah tak mudah dilakoni. Banyak gangguan yang membuat konsentrasi buyar. Tak jarang pula godaan untuk bermalas-malasan datang saat mencoba fokus belajar.

Terkadang, memang sulit untuk berkonsentrasi saat belajar, terutama kalau berada di lingkungan yang cukup ramai. Kadang malah ada yang mengajak mengobrol dan bermain sehingga lupa untuk belajar.

Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa fokus dan konsentrasi belajar dari rumah:

  1. Cari Tempat Sepi

Tempat ramai dan berisik biasanya akan mengganggu konsentrasi. Saat berada di tempat yang ramai, fokus Anda mungkin akan terbagi antara apa yang sedang dipelajari dan apa yang dibicarakan orang di sekitar.

Selain itu, Anda juga mungkin tidak belajar dan malah memperhatikan aktivitas orang lain. Maka itu, usahakan untuk mencari tempat-tempat yang sepi agar Anda lebih fokus belajar.

  1. Matikan Ponsel

Cara ini bisa Anda lakukan jika belajar menggunakan laptop atau komputer. Aktivitas di sosial media dan aplikasi chat juga bisa menganggu konsentrasi Anda.

Di waktu belajar, tak jarang  malah berbalas pesan dengan teman-teman di kelas dengan menggunakan ponsel. Kita memang bisa belajar bersama dengan teman lewat aplikasi chat. Namun, hal ini juga bisa membuat Anda tidak fokus.

Tak hanya itu, keinginan membuka media sosial lain juga bisa menjadi pengganggu konsentrasi

  1. Istirahat Sejenak

Belajar dari rumah lebih melelahkan saat belajar di kampus maupun sekolah. Ini karena Anda harus melawan rasa malas dan harus fokus untuk belajar. Maka, tak salah untuk istirahat sejenak. Luangkan waktu 5-10 menit untuk berjalan jalan, minum air putih atau mengobrol dengan keluarga.

Setelah itu, Anda mungkin bisa kembali fokus untuk belajar.  Selamat mencoba.

 

Penulis Lutvinda Bariq Mahaiswa Stisip Widuri

Related posts

Presiden Turki Erdogan, Melanjutkan Pencarian Sumber Daya Energi di Laut Hitam

Tim Kontributor

Donat Goreng Praktis Ala WFH

Tim Kontributor

Pemerintah DKI Jakarta mulai memberlakukan PSBB Jilid II Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid 19

Tim Kontributor

Leave a Comment