Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Tiga Topik Isu HAM Diusulkan Amnesty Dalam Debat Capres-Cawapres

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mengatakan ia akan mengusulkan tiga topik penting hak asasi manusia (HAM) kepada KPU untuk dibahas dalam debat capres dan cawapres.

Menurut Usman, akan dibahas poin-poin spesifik. berkaitan dengan penghormatan dan perlindungan hak atas kebebasan berekspresi, kebebasan berpendapat dan kebebasan mengungkapkan pikiran dalam berbagai bentuk. “Termasuk dalam bentuk seni,” kata Usman, saat dihubungi pada Rabu, 6 Desember 2023.

Berikutnya, pertanggungjawaban aparat negara di dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Terutama kewenangan aparat yang menimbulkan pelanggaran hak asasi manusia. Misalnya, Usman menuturkan, pengerahan pasukan yang besar, penggunaan senjata api yang mematikan.

Menurut dia, hal itu harus ada pertanggungjawaban dari aparat. Dan pertanggungjawaban itu penting untuk diperhatikan oleh KPU. Sebab, dengan tanggung jawab itu, aparat bisa dipastikan tetap berdiri dalam posisi yang independen dari kepentingan  pemerintah yang berkuasa. “Maupun kepentingan kelompok tertentu lainnya,” tutur dia.

Selanjutnya, Amnesty juga akan mengusulkan topik soal resolusi kebijakan pelanggaran HAM berat masa lalu. Termasuk kasus pembantaian di seputar peristiwa 1965-1966, Tanjung Priok, Talangsari, penculikan aktivis, penembakan mahasiswa.

Selain itu, kasus kematian Munir Said Thalib, serta kasus HAM yang terjadi di Papua. Menurut Usman, usulan itu bertujuan agar penyelenggara pemilihan umum atau Pemilu menghasilkan sesuatu yang baik bagi hak asasi manusia dan perlindungan masyarakat dari segala potensi kesewenang-wenangan.

Dia mengatakan semua isu HAM itu harus menjadi konsentrasi siapa pun capres-cawapres dalam debat Pilpres 2024 ini. “Itu harus jadi konsentrasi,” tutur dia. Dia juga menyebutkan soal kebebasan menyampaikan pendapat. Dan kasus pembatasan yang dilakukan aparat kepolisian dalam pentas seni Butet Kartaredjasa dan Agus Noor tidak terulang.

Sebelumnya, KPU menetapkan jadwal debat capres-cawapres sesi pertama akan berlangsung pada 12 Desember 2023. Tema yang dibahas mengenai isu hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, serta penguatan demokrasi.

Adapun tiga pasangan yang akan bertarung dalam Pilpres 2024 ini, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Pertemuan Amnesty dan lembaga yang dipimpin Hasyim Asy’ari itu berlangsung hari ini, pukul 11.00 WIB di kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Relasi Jokowi – Surya Paloh Renggang Karena Kasus Johnny G Plate?

Tim Kontributor

Meski Ketua Projo Cenderung Condong Ke Prabowo, Projo Jabar Tetap Pasang Baliho Ganjar Di Seluruh Pelosok Jabar

Tim Kontributor

Kisah Simbolik Awal Mataram Sampai Babad Giyanti tentang Geger Pacinan

Tim Kontributor

Leave a Comment