Faktual.id
RAGAM INFO

Strategi STISIP WIDURI Dalam Menggelar Perkuliahan Daring (Online) di Masa Pandemi Covid-19

Sejak adanya pandemi Virus Covid-19 dan diberlakukannya masa PSBB diberbagai wilayah membuat masyarakat masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari dengan cara yang berbeda dan tidak seperti biasanya. Salah satunya adalah cara melaksanakan proses belajar mengajar baik dari tingkat sekolah dasar maupun tingkat perguruan tinggi. Salah satu kampus yang terdampak proses perkuliahannya adalah STISIP WIDURI.

STISIP WIDURI merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Jl. Palmerah Barat No 353 dengan pelaksanaannya menggunakan sistem tatap muka. Dengan adanya kebijakan atau himbauan dari PEMPROV DKI yang mengharuskan perkuliahan dengan sistem tatap muka di seluruh kampus di jakarta untuk sementara waktu diberhentikan sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Untuk dapat melanjutkan kegiatan perkuliahan, STISIP WIDURI melaksanakan proses belajar mengajar melalui Perkuliahan Daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi-aplikasi yang telah tersedia diberbagai macam platform seperti: aplikasi Zoom Meeting, Google Classroom dan Google Meed.

Tanpa dibekali pengalaman dan persiapan yang matang untuk melaksanakan perkuliahan daring membuat saya ingin mencari tahu bagaimana proses perkuliahan Daring di STISIP WIDURI tersebut dapat dilakukan hingga saat ini.

Apabila masa New Normal mulai diberlakukan di jakarta tidak menutup kemungkinan perkuliahan dengan sistem tatap muka kembali diberlakukan di kampus STISIP WIDURI. Maka dari hal tersebut saya juga ingin mencari tahu bagaimana  kampus  STISIP WIDURI mempersiapkan untuk memasuki perkuliahan di masa New Normal.

Selaku Ketua STISIP WIDURI Prof. Lawang menyampaikan informasi terkait dengan kuliah Daring yang telah dilakukan sebagai jalan alternatif untuk dapat melanjutkan kegiatan perkuliahan akibat Dampak dari Virus Covid 19 di Indonesia.

Prof. Lawang mengungkapkan bahwa para Dosen maupun Mahasiswa belum siap untuk menjalankan perkuliahan daring di dua minggu pertama setelah kuliah daring itu dilaksanakan.

“Jadi setelah kuliah daring dilaksanakan jujur saja di dua minggu pertama kami baik Dosen maupun Mahasiswa tidak siap untuk melaksanakan perkuliahan daring” jelasnya kepada saya melalui sambungan telepon (18/06/2020).

Namun setelah dua pekan melaksanakan perkuliahan daring Prof. Lawang mengatakan bahwa cara yang baik untuk melaksanakan kuliah daring yaitu melalui aplikasi zoom meeting yang dapat di unduh secara gratis di google play store maupun internet.

“Setelah dua minggu kami melaksanakan perkuliahan daring kami melakukan evaluasi kepada seluruh Dosen dan menemukan cara baik untuk kuliah daring yaitu menggunakan aplikasi zoom”

Seiring dilaksanakannya perkuliahan daring Prof. Lawang mendapat banyak laporan-laporan mengenai masalah perkuliahan daring dari para Dosen maupun Mahasiswa  STISIP WIDURI seperti lamanya atau lambatnya Mahasiswa yang terhubung ke video Conference untuk melaksanakan perkuliahan daring, banyaknya keluhan dari mahasiswa terkait tugas yang di berikan oleh para Dosen hingga ada masalah seperti tidak adanya kuota data internet oleh Mahasiswa sehingga hal-hal tersebut menjadi hambatan atau kendala dalam melaksanakan perkuliahan daring.

“Setelah melakukan evaluasi secara berkala kami mendapatkan banyak sekali laporan-laporan masalah baik dari Dosen maupun dari Mahasiswa itu sendiri seperti: lamanya Mahasiswa yang masuk ke room video converence untuk melakukan perkuliahan, kurangnya koordinasi antara Dosen satu dengan yang lain sehingga banyak tugas yang diberikan kepada Mahasiswa, tidak adanya kuota data internet, ada lagi Mahasiswa yang bekerja sehingga tidak bisa mengikuti perkuliahan daring”.

Prof. Lawang pun menghimbau agar pelaksanaan perkuliahan daring dilaksanakan sesuai dengan jadwal perkuliahan tatap muka atau offline. Hal itu disampaikan agar tidak perkuliahan daring dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya kendala seperti terbenturnya jadwal perkuliahan dengan jadwal kerja Mahasiswa mengingat Mahasiswa dari STISP WIDURI di dominasi oleh Mahasiswa dengan status karyawan atau pekerja.

“Sebaiknya jadwal perkuliahan daring disesuaikan dengan jadwal seperti perkuliahan tatap muka atau secara offline”

Saat ini jakarta memasuki fase PSBB transisi dan akan memasuki fase produktif atau new normal. Maka tidak menutup kemungkinan perkuliahan secara tatap muka yang dilaksanakan di kampus akan segera dilaksanakan sekitar bulan agustus atau September. Hal itu di sampaikan langsung oleh Prof. Lawang saat proses wawancara.

Selain itu pihak kampus STISIP WIDURI juga telah mempersiapkan bebagai Protokol kesehatan untuk diterapkan ketika perkuliahan tatap muka mulai diberlakukan dan dilaksanakan.

“Persiapan perkuliahan dimasa new normal telah dipersiapkan. pertama membuat kebijakan untuk  di bagi menjadi dua bagi kelas dengan Mahasiswanya yang bisa dibilang ramai atau banyak. Kedua kita akan menerapkan protokol kesehatan di kampus STISIP WIDURI sesuai anjuran dari WHO atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid 19 seperti: menyiapkan sabun dan air bersih untuk cuci tangan, mensterilkan seluruh ruangan dengan dispektan, menyiapkan hand sanitizer dan menerapkan aturan wajib menggunakan masker ketika memasuki atau berada di lingkungan kampus”

Prof. Lawang juga mengatakan bahwa ketika perkuliahan tatap muka mulai diberlakukan dan dilaksanakan tidak menutup kemungkinan perkuliahan daring tetap dilakukan hanya saja dengan porsi yang berbeda. Hal itu sesuai dengan kesepakatan dan kebijakan dari para Dosen dengan Mahasiswa.

“Tidak menutup kemungkinan perkuliahan daring nanti tetap dilakukan, seperti 50% secara tatap muka dan 50% secara daring atau online. Itu tergantung dari kesepakatan dari Dosen masing-masing”.

Namun hingga saat ini (17/11/2020) perkuliahan di Kampus STISIP WIDURI masih dilakukan secara daring, mengingat masih di berlakukannya fase PSBB Transisi di jakarta dan masih belum ada keputusan dan kebijakan baru dari lembaga pendidikan untuk kembali menggelar perkuliahan secara tatap muka.

Pelaksanaan perkuliahan daring atau online di STISIP WIDURI hingga saat ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada permasalahan yang serius dari pihak mahasiswa maupun dosen.

Kesuksesan dalam pelaksanaan perkuliahan daring (STISIP WIDURI) di masa pandemic covid-19 merupakan hasil kerja keras dan kerjasama yang baik dari semua elemen kampus stisip widuri.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas manajemen media digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” – I Kadek Darmawan MMD 2

Related posts

Evakuasi Korban Banjir BPBD Bekasi

Tim Kontributor

Perkiraan Puncak Lalu Lintas Cuti 28 Oktober Oleh Jasa Marga

Tim Kontributor

Penusukan Seorang Ustadz Di Masjid Aceh

Tim Kontributor

Leave a Comment