Faktual.id
POLITIK

Sikap Mahasiswa Terhadap Politik Saat Ini

 

Politik Indonesia yang saat ini bahkan dari dulu selalu ramai dipebincangkan oleh semua kalangan, dan menjadi pembahasan diberbagai televisi di Indonesia. Politik sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah pembagian kekuasaan didalam masyarakat yang berwujud proses dalam pengambilan keputusan yang menyangkutkehidupan suatu Negara. Politik bisa dikatakan sebagai media untuk suatu Negara, yang menentukan nasibnya sendiri.

Politik adalah jalan untuk mendistribusikan keadilan. Namun tidak sedikit orang mengatakan bahwa politik Indonesia saat ini kotor, terbukti dari beberapa tahun terakhir banyak terjadi demo dimana mana atas penolakan peraturan pemerintah yang tidak sesuai atau tidak wajar menurut rakyat. Sehingga banyak yang menyuarakan untuk penolakan atas dasar kepentingan bersama. Dalam hal ini seperti biasa sudah dari dulu pasti Mahasiswa selalu ikut serta dalam aksi bela rakyat.

Mahasiswa merupakan kelompok orang orang yang sudah dianggap cerdas dalam menghadapi politik di Indonesia. Mereka berperan sebagai penggerak untuk meluruskan pemerintah supaya tidak memihak dan berlaku adil. Untuk itu mahasiswa selalu menjadi sorotan jika sudah mengenai hal-hal yang berbau politik. Bahkan di th 2019 sering dijumpai foto sekelompok orang yang mengtasnamakan mahasiswa dan mengkampanyekan salah satu calon presiden.

Mahasiswa yang ikut serta dalam mengkampanyekan capres dan caleg itu tentu tidak melanggar undang-undang. Justru hal tersebut dilindungi oleh konstitusi Negara. Yaitu sebagai hak berekspresi dan menyatakan pendapatnya. Namun akan menjadi kegawatan saat kelompok mahasiswa menambahkan kepentingan partai politik tertentu, dengan membela mati-matian. Sangat disayangkan jika perbedaan pendapat menyebabkan permusuhan yang berkelanjutan di kehidupan social masyarakat.

Disinilah mahasiswa harus berperan mengingatkan penerapan politik yang benar dan berkeadilan. Mahasiswa harus aktif mengontrol dan mengawasi jalannya suatu pemerintahan. Jadi mahasiswa harus tidak memihak kepada siapapun kecuali pada kebenaran, agar pemikirannya berguna di masyarakat.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas manajemen media digital. Jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dimaafkan. Diah vanda ningsih MMD 6

https://widuri.ac.id/

 

Related posts

GERAKAN MAHASISWA MENOLAK RUU

Tim Kontributor

Menuju Pilpres 2024, PDIP Singgung Menteri Yang Mencuri Start

Tim Kontributor

Pentingnya Ilmu Politik bagi mahasiswa

Tim Kontributor

Leave a Comment