Faktual.id
gaya hidup RAGAM INFO

Sejarah Valentine’s Day

Tak terasa sudah mau akhir bulan januari, dimana akan memasuki awal bulan februari. Tentunya bagi para remaja atau para pasangan ntah itu pacar, suami istri dan sebagainya, tgl 14 Februari tidak akan dilewati begitu saja. Biasanya para pasangan ini akan merayakan hari valentine day biasanya berbagai macam mulai dari ngasi kado, bunga bahkan tak juga ada yang sampai membuat kenangan pada tanggal tersebut, seperti lamaran atau pun melakukan pesta.

Nah mau tau gak sih sejarah dari 14 Februari atau Valentine’s day ini ?

Valentine’s Day tau disebut juga hari kasih sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk “valentines”. Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido  bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu miliar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.

Sebuah kencan pada hari Valentine sering kali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Sebenarnya Valentine itu merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.

Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik “Happy Valentine’s”, yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka ataupun teman pria kepada teman prianya dan teman wanita kepada teman wanitanya. itulah sejarah singkat Valentine’s Day atau dikenal hari kasih sayang. || Agustinus Mendrofa Stisip Widuri.

Related posts

Biaya Murah, Banyak Mahasiswa Yang Datang Untuk Mendaftar.

penulis

ADVERTORIAL STISIP WIDURI

Tim Kontributor

Nasi Goreng Sampah, Gimana Ya Rasanya?

Tim Kontributor

Leave a Comment