Faktual.id
KOMUNIKASI

Program Studi Terpopuler

Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari tentang komunikasi melalui beberapa tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan hingga komunikasi media sosial. Ilmu komunikasi berbubungan erat dengan hubungan manusia dengan sesama dan masyarakat.

Dalam kehidupan, kita tidak akan pernah terlepas dengan komunikasi. Berbincang lewat sosial media atau berbicara secara langsung merupakan salah satu kegiatan komunikasi. Prodi komunikasi mempelajari tentang berbagai kegiatan komunikasi di berbagai bidang dimulai dari individu, kelompok, media, iklan, dll. Tidak salah jika ilmu komunikasi sangat berhubungan erat dengan hubungan manusia dalam bermasyarakat karena dalam Ilmu komunikasi mencakup dari komunikasi terhadap diri sendiri hingga oranglain.

Dalam perkembangannya Ilmu Komunikasi menjadi salah satu prodi terfavorit di dunia perkuliahan.  Bagaimana tidak ilmu komunikasi merupakan salah satu prodi yang mudah dipahami serta dapat dijalani dengan santai. Dalam prodi ilmu komunikasi, mahasiswa akan diajarkan tentang bagaimana cara agar proses penyampaian pesan lebih efektif serta dapat mencapai sasaran yang dituju.

Dalam mempelajari Ilmu Komunikasi, mahasiswa membutuhkan beberapa pengetahuan dan keahlian dasar antara lain kemampuan berbicara didepan umum, kemampuan dasar desain, kemampuan dasar fotografi , kemampuan berpikir out of the box, kemampuan menulis, serta kerja sama.

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu prodi terfavorit mahasiswa juga karena keuntungannya mempelajari prodi tersebut. Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang tidak lekang oleh waktu, karena dimanapun dan kapanpun kita membutuhkan komunikasi dari satu orang dengan yang lannya. Lulusan Ilmu Komunikasi memiliki skill untuk menulis, berbicara, dan mendengarkan yang mumpuni. Memiliki prospek kerja yang terbuka luas mulai dari media televisi, radio, koran hingga media digital. Selain itu prospek kerja mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi juga dibutuhkan dalam perusahaan selain perusahaan media seperti divisi public relations yang merupakan salah satu divisi vital di sebuah perusahaan.

Perkuliahan Ilmu Komunikasi secara umum ditempuh dalam waktu 4 tahun atau 8 semester. Dalam waktu tersebut mahasiswa mempelajari berbagai bentuk komunikasi dimulai dari komunikasi publik, komunikasi personal, komunikasi organisasi dan publik. Berbagai matakuliah yang dapat diambil dalam jurusan Ilmu Komunikasi antara lain Komunikasi Massa, Manajemen Media Digital, Jurnalistik, Penulisan Feature, Hukum Komunikasi, Periklanan dan masih banyak lagi.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Ananda Agusta MMD4

Related posts

Jurusan Kuliah Ini Menjanjikan di Masa Depan

penulis

Bagaimana peran mahasiswa dalam dunia kampus termasuk kampus Widuri

penulis

Tantangan Dosen STISIP Widuri Jakarta di Tengah Pandemi

penulis

Leave a Comment