Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK Politik Dalam Negri

Pentingnya Ilmu Politik bagi mahasiswa

Mahasiswa memiliki peran dan tanggung jawab idiologi sebagai pewaris perjuangan bangsa maupun tangungjawab profesional yang dipersiapkan untuk menjadi ahli dalam bidang-bidang tertentu agar dapat berperan aktif dalam pembangunan. Pendidikan politik adalah segala sesuatu kegiatan yang berkaitan dengan urusan yang menyangkut kepentingan dari sekelompok masyarakat (negara) guna mengetahui hak-hak dan kewajibannya.

Pendidikan politik merupakan proses mempengaruhi individu agar dia mendapatkan informasi, wawasan, dan ketrampilan politik, sehingga sanggup bersikap kritis dan lebih intensional terarah hidupnya. Selain itu bisa menjadi warga negara yang lebih mantap, tidak terapung tanpa bobot dan tanpa pengaruh orientasi terhadap keadaan sendiri dan kondisi lingkungnya.

Pendidikan politik menjadi penting bagi mahasiswa sebagai upaya penyampaian (penanaman) nilai-nilai pengetahuan dan ideologi warga negara mengenai bagaimana diberlakukannya sistem, regulasi, dan kebijakan Negara termasuk hal yang dirumuskan oleh kebijakan dan demokrasi politik. Pengetahuan ini penting untuk  dimiliki mahasiswa guna untuk mengenali hak-haknya dalam upaya berpartisipasi menegakkan keadilan dan demokrasi. Apalagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus yang berfokus dibidang politik seperti STISIP Widuri Jakarta 

Related posts

Mahasiswa Tolak Omnibuslaw

penulis

Profil Silvany Austin Pasaribu, Diplomat Muda Indonesia telak Melawan Vanuatu di Sidang Umum PBB

Tim Kontributor

Tidak Ada Penangkapan pada Demontrasi 28 Oktober

Tim Kontributor

Leave a Comment