Faktual.id
gaya hidup Kesehatan RAGAM INFO

Polygon Rilis Sepeda Baru ! Apa Kehebatannya?

Bersepeda memang sedang trend banget guys, sepeda lipat menjadi jangkauan para produsen sepeda di tanah air. Namun berbeda dengan Polygon justru memperkenalkan electric bike atau sepeda listrik bernama Gili Velo.

Polygon Bikes memiliki misi untuk menjadikan sepeda sebagai bagian gaya hidup sehat, dan terus berinovasi dalam menghadirkan solusi berkendara ramah lingkungan masa depan. Dalam menjalankan misi ini, Polygon konsisten menghadirkan produk dengan teknologi terkini salah satunya adalah menghadirkan Seri e-bike yang ramah lingkungan.

Bersepeda tidak boleh memaksakan diri guys, karena berbahaya jika kita tidak kuat menempuh jarak yang cukup panjang sedangkan kekuatan kita tidak sama seperti pesepeda orang lain. Artinya tidak semua orang memiliki kekuatan yang sama saat bersepeda. Karenanya, jika ingin bersepeda bersama-sama, orang yang belum terbiasa atau tidak terlalu kuat, jangan dipaksa karna akan berakibat tragis. Atau pilihan lainnya adalah menggunakan sepeda yang bisa membantunya mengimbangi laju rekan-rekannya. Nah, E-Bike terbaru dari Polygon rasanya bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Sepeda ini disebut sepeda listrik namun kita harus tetap mengayuh, karena fungsinya seperti sepeda biasa namun untuk menambah tenaga kayuhannya ditambah dengan energy listrik. Di bagian setang (handle bar) kiri ada alat power assist yang terhubung ke baterai dan penggerak di roda belakang. Dalam posisi off, kita akan merasakan Gili Velo seperti sepeda biasa saat dikayuh. Namun bila kita menyalakan alat ini, maka baterai akan memberi energi tambahan pada tiap kayuhan yang kita lakukan. Hasilnya sepeda akan melaju lebih cepat dan kayuhan terasa ringan. Pada Gili Velo terdapat 5 variasi power assist. Berdasarkan pengalaman Kompas.com saat mencoba sepeda ini, setiap level power assit akan memberikan tenaga tambahan berbeda.

  • Level 1 : Pada level 1, tambahan tenaga pada kayuhan akan mulai terasa. Level ini cocok digunakan pada saat bersepeda santai atau saat ingin melakukan penghematan terhadap konsumsi baterai.
  • Level 2 : pasokan tenaga listrik sedikit bertambah, dan dorongan pada kayuhan akan lebih terasa. Namun konsumsi arus baterai masih tergolong sedikit.
  • Level 3 : kamu akan merasa kayuhan semakin ringan karena tambahan tenaga terbilang pada level medium. Level ini cocok digunakan untuk bersepeda komuter di dalam perkotaan. Pengendara akan merasakan tambahan daya dorong cukup besar setiap kali mengayuh pedal.
  • Level 4 : pengendara akan merasakan dorongan tenaga lebih besar di tiap kayuhan, dan harus mulai menyadari bahwa sepeda ini bisa melaju dengan kencang bila kita mengayuh dengan cepat. Konsumsi arus baterai di level ini juga semakin besar.
  • Level 5 : Ini adalah tigkatan dengan tambahan tenaga paling besar dan torsi terasa paling kuat. Kamu akan terkejut dengan betapa mudahnya sepeda ini melibas tanjakan. Nyaris seperti tanpa usaha. Kayaknya bisa menang balapan guys hehe, di level ini konsumsi arus baterai paling besar.

Perlu diingat guys untuk setiap penambahan tenaga sebaiknya dilakukan secara bertahap, karena setiap kayuhan akan membawanya melesat.  Meski begitu, Gili Velo dirancang agar memiliki kendali yang stabil dengan performa pengereman yang akurat sehingga mudah dikendarai.

Untuk spesifikasinya keren , nyaman dan dipastikan aman. Sepeda ini tidak akan mencemari udara karena tidak menghasilkan CO2 seperti kendaraan bermotor dan tidak menggunakan bahan bakar.

Gili Velo dilengkapi baterai Lithium-Ion dengan kapasitas 7Ah 252WH. Baterai ini dilengkapi sertifikasi ISO13849 untuk memastikan keamanannya. Standart ini mencakup perlindungan anti meledak dalam kondisi apapun dan memiliki limbah yang lebih ramah lingkungan dibanding baterai lain. Baterai ini juga tahan air sehingga aman digunakan saat hujan atau melewati genangan air, asalkan tidak terendam dalam waktu lama. Baterai juga dilengkapi sensor suhu di dalamnya untuk mendeteksi bila terjadi overheat. Dalam mode menyala, baterai dapat digunakan bersepeda hingga sejauh 80 kilometer. Ia memerlukan waktu charge atau isi ulang sekitar 4-6 jam. Tapi pengendara juga bisa mengayuh seperti sepeda biasa tanpa menyalakan tenaga listrik tambahan. Dengan cara ini, baterai akan bertahan lebih lama.

Gaya sepeda ini punya banyak kelebihan, Salah satu hal yang menonjol pada Gili Velo adalah tampilannya yang bergaya urban. Tidak seperti sepeda balap yang cocok untuk pengendara dengan celana ketat dan jersey khusus, Gili Velo lebih pas digunakan dengan tampilan gaya, misalnya dengan celana chino atau jeans dipadukan kemeja dan kaos. Sepeda ini juga tidak tampil garang seperti sepeda gunung, sehingga lebih cocok dipakai untuk commuting atau menjelajahi kota dan tidak menimbulkan polusi.

Sepeda listrik  Gili Velo sudah mulai dijual hari, Jumat (30/10/2020) dengan cara pre order. Harga Rp 14.500.000, bergaransi tentunya.

Menurut Polygon, sepeda listrik ini dilengkapi garansi rangka sepeda dan fork non suspensi berlaku 5 tahun sejak tanggal pembelian, sementara garansi untuk baterai dan motor berlaku 2 tahun sejak tanggal pembelian. Polygon juga menyediakan suku cadang untuk baterai dan komponen lain.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” – Diah Vanda Ningsih MMD6

Sumber

Related posts

Meningkatkan Rasa Kebersamaan WNI di Thailand Melalui Seni Budaya dan Olahraga

Tim Kontributor

Sekitar 408 Wisatawan Dinyatakan Reaktif Setelah Liburan Panjang !

Tim Kontributor

Stisip widuri kampus pilihan terbaik

Tim Kontributor

Leave a Comment