Faktual.id
RAGAM INFO

Pola Hidup Sehatan di Cuaca Yang Tidak Menentu Agar Terhindar Dari Penyakit

Memasuki musim pancaroba, seringkali banyak yang terserang penyakit karena cuaca yang tidak menentu.

Tubuh harus beradaptasi menghadapi musim pancaroba khususnya pada perubahan cuaca ekstrem.

Kondisi ini kerap merangsang perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit, oleh karena itu, tubuh harus memiliki daya tahan yang optimal.

Anda tidak perlu khawatir, ikuti 5 tips penting ini untuk menjaga kesehatan saat musim pancaroba.

Konsumsi makanan bergizi Makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka nutrisi tubuh akan terpenuhi.

Saat nutrisi tubuh sudah terpenuhi maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk.

Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti buah-buahan, daging, telur, ikan dan sayuran hijau.

Minum banyak air putih

Air putih tidak hanya meradakan dahaga, tapi juga dapat menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Minumlah air putih sebanyak delapan gelas tiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein karena akan mudah membuat perut kembung.

Konsumsi air putih secara teratur, karena air putih dapat mendehidrasi tubuh dengan baik dibandingkan minuman yang lain.

Bawa jaket dan jas hujan

Dengan perubahan cuaca yang bisa berubah – ubah secara mendadak, kamu perlu selalu siap sedia jaket dan jas hujan untuk melindungi diri jika tiba-tiba hujan turun.

Rutin berolahraga

Tetap lakukan olahraga secara rutin meski cuaca sering berubah-ubah. Tetap sempatkan waktu untuk berolahraga, meskipun hanya 30 menit.

Olahraga juga dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik. Ini karena olahraga akan mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel melawan infeksi.

Anda bisa melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, lompat tali, dan lain-lain.

Istirahat cukup

Pastikan waktu tidur selalu dalam waktu 6-8 jam. Jangan biasakan begadang agar badan tidak mudah lelah karena kurang tidur sehingga bisa rentan terserang penyakit.

Istirahat yang cukup bisa membuat sel sistem kekebalan tubuh beregenerasi dengan efektif, sehingga fungsinya untuk melawan dan menangkal penyakit juga ikut maksimal.

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan sangat penting dilakukan. Dengan menjaga kebersihan, tubuh akan terhindar dari kuman – kuman yang dapat berkembang biak.

Kamu bisa melakukannya dengan cara mandi setidaknya dua kali sehari, sering mencuci tangan menggunakan sabun, dan membersihkan area tempat tinggalmu.

Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Tentunya hal ini dapat membuat seseorang bisa terserang penyakit.

SUMBER

 

Related posts

Cara membuat masker wajah dengan kopi & madu

Tim Kontributor

Tina Toon cs Digugat Rp 10,7 Miliar

Tim Kontributor

RELIGION ALCOHOLIC

Tim Kontributor

Leave a Comment