Faktual.id
RAGAM INFO

Berkebun Menjadi Salah Satu Hobi Di Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 ini telah berlangsung lebih dari 10 bulan di Indonesia menyebabkan keterbatasan masyarakat untuk melakukan aktivitas berpergian keluar kota ataupun berwisata. Pandemi covid-19 membuat masyarakat jadi banyak menghabiskan waktu dirumah saja yang ternyata membuat banyak orang mengeksplorasi kegiatan atau hobi baru.

Salah satu aktivitas yang cukup banyak diminati kala pandemi adalah hobi menanam pohon disekitar rumah. Beberapa masyarakat mengaku bahwa berkebun dirumah menjadi hiburan dikala pandemi, seperti menanam sayur atau buah-buahan.

Mereka juga merasa jadi lebih dekat dengan alam karena mengetahui prosesnya dalam bercocok tanam. Ada step yang harus dilalui supaya bisa berbuah atau bisa sampai panen. Sama ngerti kalau semuanya yang ada di bumi butuh bantuan pihak lain. Kayak tanaman kan butuh air dan matahari, si tanaman butuh kita buat ngurusin, kita butuh tanaman buat dimakanin atau dijualin. Jadi lebih menghargai sayuran, buah-buahan dan makin sedih ternyata krisis iklim itu makin nyata.

Menurut masyarakat Bercocok tanam di rumah juga bisa mengurangi stres, dapat hobi baru, bisa stok sayuran apalagi waktu awal-awal pandemi kemarin, dapat ilmu baru, bisa mengirit uang, pekarangan dan lingkungan terasa sejuk.

Penulis : Fatima Aprilia W, Mahasiswi STISIP WIDURI

Related posts

Tetap Jadi Anak Gaul Meski di Rumah Saja

Tim Kontributor

Punthuk Setumbu, Upaya Pejalan Menikmati Borobudur Berselimut Kabut

Tim Kontributor

Siapa Bilang Jakarta Hanya Ada Mall dan Gedung Pecakar Langit? Yuk, Telusuri Beberapa Tempat Wisata Di Jakarta

Tim Kontributor

Leave a Comment