Faktual.id
POLITIK

Pergerakan Politik Kampus

Diera keterbukaan semua aspek sekarang ini . Kampus juga meresakan kebebasan mahasiswanya dalam berpolitik. Meski kampus bukan ajang tempat untuk berkampanye untuk sebuah partai. Bahkan kampus merupakan zona  larangan untuk kampanye. Dikampus merupakan tempat para mahasiswa untuk melakuakn kegiatan politiknya. Dimulai dari berbagai aspek, dari aspek kognitif,wawasan yang sangat kritis sampai mempunyai keterampilan dalam berpolitiik. Dalam kata atau istilah politik dewasa ini tidaklah menjadi hal baru karena hal tersebut dilakukan atas dasar kepentingan kelompok  dan kepentingan kekuasaan  yang acapkali diatasnamakan politik. Pada masa sekarang ini sebagai mahasiswa seharusnya kita lebih jeli dan bijak dalam mengartikan kata poliitik. Untuk menjadi aktifis politik kampus,sudah seharusnya sebagai mahasiswa mengadakan pelatihan dikampus. Kegiatan poltik di kampus seperti mimbar kampus,seminar politik kampus,talk show,bakti sosial masyarakat sekitar kampus  dan pelatihan politik mahasiswa. Guna memberi pengetahuan dan pendalaman politik mahasiswa yang lebih mapan sebagai generasi penerus pemimpin yang perpandangan luas akan politik jika setelah lulus dalam kuliah nanti.

Dengan diadakannya  politik kampus mahasiswa belajar bagaimana memimpin masyarakat, tidak sekedara di lingkungan kampus. Dalama pemahaman  politik kampus bermanfaat secara luas dalam kehidupan masyarakat. Seperti dengan turut mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah dan advokasi masyarakat yang dilakukan dengan aksi-aksi sosial, demonstrasi, aksi menulis, serta agenda-agenda lainnya. Daripada itu  politik kampus dapat meruapakan saluran internal dalam memberikan nilai-nilai positif seperti kejujuran, tanggungjawab, kepedulian, dan amanah. Hal politik kampus juga dapat dinilai sebagai gerakan moral bagi mahasiswa yang berperan serta dalam membangun relasi sosial. Melihat kondisi perpolitikan di tanah air sekarang ini, yang semakin mengkhawatirkan yang berada dalam pusaran korupsi dan manipulasi serta berbagai hal miring lainnya mengenai isu politik. Dengan politik kampus Widuri dapat menjadi sarana dan salah satu jalan keluar bagi kondisi buruk tersebut.

Dalam poltik kampus WIduri yang lebih nyata terlihat dengan menjadi BEM  (Badan Eksekutif Mahasiswa). Karena menjadi anggota bem dewasa ini juga merupakan hal yang sangat memiliki pengetahuan politik yang lebih baik. Karena bem mempunyai beberapa kreteria sebagai berikut:

 

  1. BEM Widuri Merupakan Politik Kampus

pengurus berbagai fakultas di kampus tersebut.

  1. Peran dan Tugas BEM

BEM mempunyai tugas sebagai berikut :  menyerap aspirasi mahasiswa,dan  menyusun program kerja senat mahasiswa, membantu dan mengawasi kegiatan ko-kurikuler dan ekstra, mengkoordinir program kerja, dan lain-lain.

  1. BPM dan DPM Pengawas BEM

BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) memiliki tugas memantau kinerja BEM dan penerapan aturan pada mahasiswa di kampus. BPM seperti DPR di dunia politik negara yang bertugas menilai pekerjaan BEM.

  1.  Mempunyai Agenda Yang Padat

Anggota BEM memiliki jadwal yang cukup padat terkait pelaksanaan program kerja yang sudah disusun. Kegiatan sekolah, pensi, kompetisi, studi banding, dan lain-lain merupakan contoh program BEM baik tingkat fakultas atau universitas

  1. Memiliki Manfaat Yang Sangat Banyak

Dalama hal ini BEM merupakan wadah untuk mahasiswa melakukan hal positif yang bermanfaat bagi kehidupan kelak. Di BEM bisa mengenal banyak teman, menambah relasi, belajar ilmu komunikasi, memiliki jiwa kepemimpinan, dan masih banyak manfaat yang lain.

Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Managemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”. aris w/MMD3

 

 

Kategori : Politik

Related posts

Haruskah Mahasiswa Berdemonstrasi Di Masa Pandemi?

penulis

Suara mahasiswa dalam menolak UU Cipta kerja

penulis

Mahasiswa dan Politik.

penulis

Leave a Comment